Sukses

Kunci Meraih Penonton untuk Meraup Pendapatan di Industri Televisi

Dalam membuat program penyiaran harus diketahui dahulu segmentasinya untuk mengukur daya tarik penonton.

Liputan6.com, Jakarta - Penonton menjadi tuan dalam sebuah pertunjukan, hal ini pun juga berlaku pada stasiun televisi. Pasalnya, akan perpengaruh pada pendapatan dari iklan.

Deputy Director Programming SCTV David Suwarno mengatakan, dalam membuat program penyiaran harus diketahui dahulu segmentasinya untuk mengukur daya tarik penonton. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan survei dan riset.

"Tayangan TV bagaimana tayangan, ditonton masyarakat banyak, ada research penontonnya siapa," kata David, dalam sebuah diskusi Ideafest, di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (5/10/2019).

David mencontohkan, kebutuhan penonton yang selalu dipenuhi terdapat pada tayangan sinetron, kebutuhan tersebut diantaranya adalah mengikuti perkembangan zaman yaitu ada unsur aksi dan mengagumkan.

‎"Sangat penting sekli di programing TV, kita lihat dari survei itu penonton Indonesia mengikuti perkembangan jaman, action dan keren setelah ada fast and various, kita buat anak Langit,"paparnya.

Dia melanjutkan, sineteron yang akan disukai penonton adalah yang membuat penasaran. Selain itu juga diperlukan menguras emosi penonton‎.

"Bikin penasaran kalau kita lost kita ke TV lain.Karena pasar juga ibu-ibu. Kita bermain di emosi ibu-ibu, sudah miskin, kecelakaan menceraikan sumainya. Atau yang lebih menggugah hati lelaki dominan kerja, kerja malem apa benar kerja atau senang senang munculah sineteron Orang Ketiga. Hal itu yang dilihat dari the real audies," paparnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemilihan Karakter dan Tokoh

Selain itu, pemilihan karakter dan tokoh pun sangat berpengaruh pada daya tarik penonton. Hal ini tentunya sangat diperhatikan dalam sebuah sinetron yang disajikan SCTV.

‎"Karakter yang membuat ibu-ibu seneng, ganteng baik hati pinter, ngaji, karakter seperti itu yang setiap sinetron ada," tuturnya.

Co-Producer Cinemart‎ Dani Sapawie mengungkapkan, penonton adalah hal yang penting dipikirkan dalam membuat tayangan. Sebab jumlah penonton menentukan pendapatan melalui iklan.

"Saya menerjemahkan keinginan ‎stasiun televisi agar banyak penonton, agar menarik rating, program agar anak langit sebaginya pencapainya the best rating otomatic ada iklan, bicara rating bicara uang bagaimana menghasilkan uang‎," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.