Kepala Penat karena Kerjaan, Kabur Saja Dulu ke Sini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 13 Okt 2019, 06:00 WIB
[Fimela] Ilustrasi Liburan

Liputan6.com, Jakarta Memenuhi tanggung jawab untuk bekerja dan menyisihkan waktu buat kebutuhan relaksasi merupakan dua hal yang harus selalu terjaga keseimbangannya. Tujuannya, tentu agar kehidupan dapat terjaga kualitasnya.

Jika beban pikiran tentang pekerjaan telah mencapai puncaknya, sudah saatnya Anda untuk mundur sejenak dan mulai menyegarkan fisik serta pikiran.

Meski dilakukan dalam waktu yang tergolong singkat, baik berlibur bersama ataupun sekadar menenangkan diri di tempat nyaman, sama-sama mampu memberikan dampak signifikan pada kehidupan Anda. 

Dengan begitu, beban pikiran akan semakin cepat berkurang, dan Anda pun siap kembali melanjutkan pekerjaan dengan penuh semangat. Produktivitas dalam bekerja tentu akan kembali memuncak.

Apabila Anda lebih mengutamakan liburan untuk menenangkan diri, berkunjung ke tempat-tempat yang cukup sepi dengan pemandangan menyejukkan mata adalah pilihan yang paling tepat.

Dijamin, Anda akan puas dengan panorama yang disuguhkan, sekaligus ketenangannya yang dapat membuat Anda merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di sana guna membuat pikiran menjadi rileks.

Lalu, ke manakah Anda harus pergi? Apabila Anda masih belum mengetahui tujuan Anda akan pergi, berikut rekomendasi tempat yang paling cocok untuk kabur sejenak dari rutinitas, seperti dikutip dari Cermati.com.

 

2 of 6

1. Nikmati Kesejukan Pegunungan di Kawasan Paralayang, Kota Batu

[Bintang] Pilih Wisata Bandung Atau Malang?
Bukit Paralayang | via: paralayangdimalang.blogspot.com

Dikenal sebagai kota wisata, Kota Batu, Malang, memiliki berbagai wisata alam yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Salah satu destinasi yang sangat direkomendasikan buat menenangkan diri adalah di kawasan Paralayang yang berada di Gunung Banyak.

Anda bisa memulai relaksasi di Omah Kayu, dengan menikmati momen terbit matahari hingga terbenamnya. Berada di wilayah yang posisinya lebih tinggi dari pusat kota, Anda dapat menikmati pemandangan kota dan hutan pinus.

Selain itu, hawanya yang sejuk dan suasana yang tenang tentunya mampu melenyapkan segala penat yang tengah Anda rasakan. Ketika malam menjelang, Anda dapat menikmati kelap-kelip lampu kota di sepanjang kawasan Paralayang.

Sejenak lepas dari kesibukan sehari-hari dan menikmati pemandangan yang bertabur cahaya tentunya membawa ketenangan bagi siapapun yang tengah berada di sana.

3 of 6

2. Bersantai di Gunung dan Pantai Anak Gunung Krakatau

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Pria Ini Tetap Nekat Berselancar
Abu Dzar Al-Ghifari berselancar di lepas pantai Carita, Banten (26/12). Pemerintah meminta warga menghindari pantai di daerah-daerah tersebut di mana tsunami telah menewaskan 420 jiwa akhir pekan lalu. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Jika Anda menyukai gunung sekaligus laut, rencanakan untuk mengunjungi Anak Gunung Krakatau saat ingin ‘kabur’ sejenak dari padatnya rutinitas.

Namun, karena statusnya yang masih aktif, pastikan Anda telah mencari informasi akurat tentang waktu-waktu yang tepat untuk menuju ke sana.

Naik gunung atau turun ke perairan sama-sama menjadi kegiatan yang tak boleh Anda lewatkan di tempat wisata ini. Menikmati pemandangan dari ketinggian ketika Anda tengah berada di gunung tentu akan menjadi pelepas penat terbaik.

Di sisi lain, menelusuri perairan Selat Sunda juga akan menjadi kegiatan relaksasi yang pastinya sangat berkesan.

4 of 6

3. Menikmati Suasana Alam Kalibiru Kulon Progo, Yogyakarta

[Bintang] Yogyakarta
Kalibiru, Kulon Progo, Yogyakarta. (dutawisata.co.id)

Berada pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut, Kalibiru merupakan kawasan hutan lindung yang terbentang luas di Kulon Progo. Dengan suguhan keindahan alamnya, tentu tidak mengherankan jika kini Kalibiru jadi salah satu daya tarik wisata alam populer di Yogyakarta.

Begitu memasuki kawasan Kalibiru, Anda akan disambut dengan pepohonan rindang dan pemandangan khas pedesaan. Anda dapat menemukan beberapa view terbaik Kalibiru pada ketinggian tertentu.

Guna mencapai posisi tersebut, Anda perlu mendaki terlebih dahulu menuju deck view atau biasa disebut gardu pandangan. Setibanya di deck view, panorama dengan latar belakang keindahan Waduk Sermo dan Bukit Manoreh dapat Anda nikmati sejauh mata memandang.

Udara yang sejuk dan suasana yang tenang tentu akan membuat Anda betah untuk menghabiskan waktu di sana. Segala beban pun rasanya akan hilang begitu Anda menikmati suasana di Kalibiru.

5 of 6

4. Memandang Hamparan Pasir Putih dan Deru Ombak di Teupin Layeu, Aceh

[Bintang] 7 Tempat Paling Tepat untuk Bermewah-mewah di Indonesia
Pantai Iboih. | via: saferule.wordpress.com

Teupin Layeu, pantai yang lebih populer dengan sebutan Pantai Iboih ini sebenarnya merupakan pelabuhan yang menghubungkan antara Pulau Weh dengan Pulau Rubiah. Meski berfungsi sebagai pelabuhan, keindahan alamnya bahkan bisa dikatakan sebagai surga dunia. 

Pasir putih di sepanjang garis pesisir dan dikombinasikan dengan air laut yang jernih dengan gradasi biru-kehijauan tentu akan memanjakan mata Anda. Ditambah lagi dengan hijaunya hutan di sekitar pantai yang semakin melengkapi keindahan alamnya.

Hanya dengan mengamati pemandangannya saja, beban pikiran Anda akan berangsur-angsur hilang. Menyegarkan pikiran dengan menikmati sunrise kemudian dilanjutkan dengan snorkeling tentunya wajib menjadi kegiatan dalam to-do-list Anda jika mengunjungi wilayah Indonesia bagian barat tersebut.

Anda pun tak perlu menyelam terlalu dalam untuk mengamati biota laut yang cantik. Apabila snorkeling masih belum cukup, Anda bisa menuju Pulau Rubiah dan jangan lewatkan kesempatan untuk diving.  

6 of 6

5. Manjakan Mata dari Indahnya Wisata Bahari Gili Labak, Madura

Gili Labak, Surga Kecil Para Traveler Saat di Madura
Gili Labak bukan di Pulau Lombok, melainkan di Pulau Madura. Jarak kota Surabaya dan Gili Labak, Sumenep, Madura.

Gili Labak bertempat di Kabupaten Sumenep, Madura, dan berdiri di daratan seluas kurang lebih lima hektar. Tidak kalah dengan tiga Gili yang berada di Lombok, Gili Labak menyimpan keindahan yang dapat membuat kagum siapapun. 

Selama berada di Gili Labak, Anda dapat menikmati pemandangan putihnya pasir pantai dan air lautnya yang jernih. Tentunya, panorama tersebut mampu menghipnotis Anda sehingga pikiran Anda dapat kembali segar.

Selagi Anda memiliki waktu untuk mengeksplor Gili Labak, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan bawah laut dengan melakukan snorkeling dan diving. Selain mendapat ketenangan, mengeksplor perairan Gili Labak juga dapat menyegarkan pikiran Anda agar kembali bersemangat untuk melanjutkan rutinitas.

Jadikan Relaksasi Menjadi Momen Tak Terlupakan

Kebutuhan untuk refreshing dan meninggalkan sejenak kesibukan sehari-hari ternyata bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan jika Anda melakukannya di tempat-tempat yang menakjubkan. Selain beban pikiran menjadi berkurang secara signifikan, tubuh pun akan jadi lebih bugar, sehingga semangat untuk kembali bekerja pun akan meningkat.

Lanjutkan Membaca ↓