Sukses

Sri Mulyani Sebut Minat Baca Orang Indonesia Rendah

Peningkatan literasi menjadi salah satu tantangan dalam mendorong kemauan masyarakat mengetahui lebih banyak terkait pengetahuan, informasi, dan ilmu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri festival literasi bersamaan dengan bincang buku Rudy Habibie dan teaser film Habibie Ainun 3 bersama Reza Rahardian. Dalam kesempatan tersebut dia menyinggung tentang literasi atau minat membaca masyarakat Indonesia yang masih rendah.

"Indonesia negara dengan tingkat literasi dikategorikan rendah dan kita tidak bangga dengan skor itu. Skornya dari UNESCO kita masih dalam rangking yang tidak buat kita bangga, sehingga memunculkan pemikiran bagaimana bisa," ujarnya di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu (2/10).

Sri Mulyani mengatakan, peningkatan literasi menjadi salah satu tantangan dalam mendorong kemauan masyarakat mengetahui lebih banyak terkait pengetahuan, informasi, dan ilmu. Pemerintah sejak zaman pemerintahan Soeharto sudah berupaya membangun akses, agar kemauan membaca semakin banyak.

"Ini dalah tantangan tidak mudah bagi kita, ada cerminan kualitas pendidikan dan bahkan value masyarakat kita yang masih perlu kita pupuk. Jadi, event-event ini kita coba lakukan di Kemenkeu. Pasti bukan ide spektakular, tapi tester kecil untuk kita memompa semangat menyebarluaskan semangat literasi," ucapnya.

Sri Mulyani berharap, dengan adanya festival literasi kemauan membaca khususnya lingkungan Kementerian Keuangan meningkat. Selain itu, dia juga berharap semakin banyak informasi yang dapat dikaji dan dipahami melalui buku-buku yang dipamerkan dalam festival literasi tersebut.

"Festival literasi temanya lintas generasi adalah tema yang sangat penting dan relevan karena kita lihat Indonesia hari ini. Salah satu yang menggambarkan mutu suatu bangsa adalah tingkat literasinya. Itu tidak hanya buku atau baca, tapi cerminan proses berpikir dan kreativitas yang bisa dituangkan dalam tulisan," jelasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pujian Sri Mulyani untuk Reza Rahardian

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani sempat memperkenalkan dirinya sebagai teman aktor Reza Rahadian yang memerankan tokoh Habibie dalam film Habibie Ainun. Hal tersebut pun mendapat tepuk tangan dan sambutan yang meriah dari para peserta diskusi.

"Ini teman saya Reza Rahadian. Saya bisa berteman dengan orang keren seperti Reza. Maksud saya berteman dengan orang keren, supaya kalian jadi Menteri Keuangan bisa berteman sama orang keren," kata Sri Mulyani.

Terkait sosok Habibie, Sri Mulyani mengaku memiliki kedekatan pribadi dengan Presiden Indonesia ketiga tersebut. Pada awalnya, festival literasi ini akan dihadiri oleh Habibie, namun tokoh tersebut meninggal dunia pada beberapa hari lalu.

"Kita sebenarnya, mengundang Pak Habibie, beliau dipanggil yang Maha Kuasa. Manusia berencana, Tuhan yang menentukan dan Pak Habibie secara personal saya merasakan kehilangan yang luar biasa. Secara bangsa kita kehilangan seorang tokoh seperti Pak Habibie. Kita senang Reza hari ini akan menjelma dan akan menjelaskan mengenai kisah Pak Habibie dan Ainun," tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.