Stasiun Jakarta Kota Akan Layani Kereta Jarak Jauh

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 02 Okt 2019, 10:30 WIB
Diperbarui 02 Okt 2019, 18:16 WIB
Stasiun Jakarta Kota Resmi Layani Perjalanan Kereta Jarak Jauh

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun Jakarta Kota akan melayani perjalanan kereta jarak jauh. Saat ini PT Kereta Api Indonesia tengah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan rencana tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, PT KAI akan mengaktifkan kembali Stasiun Jakarta Kota untuk pelayanan kereta jarak jauh. Saat ini stasiun tersebut hanya melayani keberangkatan Commuter Line atau Kereta Listrik (KRL) saja.

"Ini bagus. Stasiun Kota diaktifkan lagi jadi bukan hanya KRL," kata Rini, di Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Langkah membuka layanan penumpang kereta jarak jauh dari Stasiun Jakarta Kota akan mengurai kepadatan Stasiun Pasar Senen. Pasalnya, saat ini hanya stasiun tersebut yang melayani kereta jarak jauh di luar kelas eksekutif.

‎Rini mengungkapkan, PT KAI pun telah menyiapkan infrastruktur untuk menunjang rencana tersebut dengan membangun terminal baru di Stasiun Jakarta Kota untuk melayani penumpang dengan rute kereta jarak jauh.

"Sekarang di Stasiun Kota ini ada terminal baru sekarang," ‎imbuhnya.

Rencana mengaktifkan kembali Stasiun Jakarta Kota dalam melayani perjalan kereta jarak jauh pun membawa Rini kembali ke memori masa kecilnya.‎"Saya cerita waktu kecil kalau ke Solo naik kereta (berangkatnya) dari Stasiun Kota," tandasnya.

2 of 3

Uji Coba

Tiket Dua Kereta Api Rute Malang - Jakarta Habis Terjual
Penumpang menunggu keberangkatan kereta api tujuan Malang - Jakarta di Stasiun Kota Baru, Malang, Jawa Timur (Zainul Arifin/Liputan6.com)

Sebelumnya, di masa Angkutan Lebaran 2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali melakukan inovasi dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada masyarakat khususnya yang berada di kawasan DKI Jakarta.

Pelayanan ini diwujudkan dengan difungsikannya Stasiun Jakarta Kota yang berlokasi di kawasan Kota Tua, Jakarta, sebagai stasiun keberangkatan dan kedatangan kereta api jarak jauh.

Adapun KA Jarak Jauh yang memulai keberangkatan dari Stasiun Jakarta Kota pada Rabu, 29 Mei 2019, yaitu KA Kutojaya Utara, KA Jayakarta Premium, dan KA Menoreh.

"Bagi penumpang yang sebelumnya telah membeli tiket ketiga KA tersebut dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, Anda tetap bisa naik dari Stasiun Jakarta Kota dengan melakukan Check In dan Boarding di Stasiun Jakarta Kota," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam keterangannya, pada Kamis 30 Mei 2019. 

Edi menjelaskan, KAI membuka pelayanan Kereta Api Jarak Jauh di Stasiun Jakarta Kota guna mengurangi kepadatan di Stasiun Pasar Senen.

Edi menyampaikan jumlah rata-rata penumpang per hari di Stasiun Pasar Senen sebanyak 12.000 orang, bahkan di musim Lebaran ini jumlahnya meningkat menjadi 22.000 orang per hari.

“Pemberangkatan KA Jarak Jauh dari Jakarta Kota ini ditujukan untuk memberikan alternatif stasiun keberangkatan kepada penumpang di wilayah ibu kota,” ujar Edi.

Untuk menunjang pelayanan kepada penumpang, KAI telah menyiapkan berbagai fasilitas di stasiun Jakarta Kota. Peningkatan fasilitas itu di antaranya penambahan ruang tunggu penumpang KA Jarak Jauh dengan kapasitas hingga 1.000 penumpang, penyediaan 2 loket go show, 2 loket pembatalan, Customer Service on Station, dan 2 mesin Check In Counter.

Untuk pelayanan naik dan turun penumpang, Kereta Api Jarak Jauh akan menggunakan Jalur 2 dan 3 yang ada di Stasiun Jakarta Kota.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓