Sukses

Sri Mulyani Minta Demo Tak Rusak Fasilitas Publik

Aksi unjuk rasa tidak akan mencederai reformasi secara struktural.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menanggapi santai isu demontrasi yang dilakukan sejumlah mahasiswa gabungan yang digelar kembali di depan Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Selatan, Senin ini. Menurutnya, aksi unjuk rasa tersebut tidak akan mencederai reformasi secara struktural.

Sri Mulyani mengatakan, pada dasarnya semua tuntutan publik pada hari ini mengharapkan agar negara Indonesia ke depan menjadi lebih baik. Di mana utamanya yakni menginginkan agar persoalan korupsi tetap dijunjung dan diperkuat.

"Yang disuarakan kan, suara legitimate yang arahnya lebih baik, utamanya menginginkan korupsi ingin dibasmi itu kan sesuatu yang memang persoalan struktural di Indonesia," kata Sri Mulyani saat ditemui di Jakarta, Senin (30/9/2019).

Menurut Sri Mulyani dengan beragram aspirasi yang disuarakan, justru menjadikan motivasi kuat bagi pemerintah untuk meneruskan upaya-upaya yang tujuannya adalah membersihkan, menghalangi, atau dalam hal ini mengurangi korupsi.

"Saya rasa semuanya memiliki peran yang luar biasa penting. Saya rasa messagesnya justru semakin memperkuat kita untuk terus membangun fondasi Indonesia yang lebih adil, lebih baik, lebih bersih, itu kan yang dulu kita inginkan juga waktu 1997 dan 1998," kata dia

"Kita menginginkan indonesia yang fondasinya lebih baik, lebih adil, lebih transparan, demokratis, itu semuanya masih relevan dan itulah yang harus tetap kita pursue," sambungnya.

Kendati begitu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga berharap agar aksi unjuk rasa digelar pada hari ini tetap sesuai dengan koridornya. Artinya tidak menuai anarkis yang akhirnya berujung pada perusakan-perusakan fasilitas publik kembali.

"Kita berharap saluran-salurn suara itu, jalur-jalur untuk menyalurkan suara itu tetap terjaga dalam koridor yang kita semua sepakati adalah baik. Kalau pun mau menyuarakan, dia perlu kita dengarkan dan tentu kita harapkan tidak anarkis atau tidak terjadi kerusahan. Ini adalah yang saya harapkan" pungkas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mahasiswa Berkumpul di Sekitar Halte JCC Sebelum Demo di Depan DPR

Massa yang terdiri dari beragam organisasi dan aliansi mahasiswa kembali menggelar demo di depan Gedung DPR RI.

Pantauan Liputan6.com, sekitar pukul 14.00 WIB, Senin (30/09/2019) mahasiswabanyak memadati sekitar Halte JCC di Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta.

Mereka kemudian berjalan ke arah gedung DPR.

Jalan menuju lokasi gedung DPR sudah ditutup, mulai dari Flyover Senayan hingga Flyover Slipi.

Belum bisa dipastikan apakah nanti mahasiswabisa diizinkan masuk ke arah depan gedung DPR atau hanya diizinkan sampai sekitar Restoran Pulau Dua saja.

Sampai berita ini diturunkan, massa aksi yang menggunakan beragam atribut itu belum bisa mencapai depan pintu gerbang gedung DPR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.