Sukses

Retak Akibat Gempa, Perbaikan Jembatan Besar di Ambon Butuh 2 Bulan

Guncangan gempa beberapa waktu lalu telah membuat sambungan jembatan menjadi bergerak.

Liputan6.com, Jakarta Gempa magnitudo 6,8 SR yang menimpa Ambon, pada Kamis 26 September, menyebabkan kerusakan pada sejumlah infrastruktur. Salah satunya Jembatan Merah Putih, yang mengalami keretakan pada bagian lantainya.

Melanjuti kasus itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera memperbaikinya. Diperkirakan, jembatan besar di ibu kota Maluku tersebut dapat kembali utuh sepenuhnya dalam waktu 2 bulan ke depan.

Direktur Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Iwan Zarkasi, menjelaskan bahwa guncangan gempa beberapa waktu lalu telah membuat sambungan jembatan menjadi bergerak.

"Kalau bergerak kan di atasnya aspal, jadi otomatis dia akan retak, tapi itu sedang diperbaiki lagi. Jadi di dalam perencanaan jembatan, terutama yang bentang banyak, itu ada sambungan-sambungannya. Nah, sambungannya itu memang lemah," terangnya di tengah kunjungan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Km 26 Tol Japek, Kabupaten Bekasi, Senin (30/9/2019).

Dia mengatakan, pergerakan itu menyebabkan banyak keretakan di badan jembatan. Namun begitu, ia menyatakan kondisi Jembatan Merah Putih masih bagus dan pihaknya sebentar lagi akan melakukan proses perbaikan.

Proses perbaikan itu disebutnya akan memakan waktu tak begitu lama. "Mungkin kurang lebih antara 2 bulan itu selesai. Itu masih bisa dilewati juga. Hanya retak sedikit kok," ungkapnya.

Meski mengalami keretakan, Iwan pun memastikan, Jembatan Merah Putih saat ini tetap bisa dilalui seperti biasa tanpa ada pengurangan lajur.

"Enggak pakai penutupan, enggak. Masih operasi normal. Sepeda motor masih bisa lewat," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peneliti Sebut Gempa Ambon Setara Bom Hiroshima saat Perang Dunia II

Pusat Penelitian Laut Dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2LD-LIPI) menyatakan status gempa tektonik magnitudo 6,5 skala richter (SR) yang melanda Pulau Ambon dan sekitarnya pada Kamis, 26 September 2019 akan semakin aman, karena kekuatan goncangan gempa susulan semakin mengecil.

"Itu after shock, seharusnya semakin aman meskipun getarannya masih terasa sampai jam lima sore ini terhitung sudah 597 kali gempa susulan, tapi magnitudonya sudah semakin kecil setelah gempa pertama," kata Kepala P2LD-LIPI Nugroho Dwi Hananto di Ambon, Minggu (29/9/2019) dilansir Antara.

Ia menjelaskan, dalam studi tentang kegempaan, kekuatan yang dikeluarkan oleh gempa tektonik susulan pasti lebih kecil dari gempa utama. Karena sebagian besar energi yang dihasilkan oleh pergeseran bidang patahan-patahan bumi yang menjadi sumber gempa sudah dilepaskan.

Gempa-gempa susulan di Pulau Ambon dan sekitarnya yang masih terus terasa hingga hari ini, merupakan proses normal pergerakan bidang patahan bumi saat melepaskan energi yang tersisa untuk mencari keseimbangan.

Karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak panik dan risau dengan gempa-gempa susulan yang masih terasa.

Tetapi untuk korban dampak gempa yang rumahnya retak disarankan agar tidak berada lama di dalamnya, sebab bisa saja roboh akibat goncangan gempa.

"Semakin banyak gempa susulan malah semakin bagus karena energinya semakin meluruh, yang dilepaskan sekarang adalah sisa-sisa energi. Melepaskan 100 kali gempa dengan magnitud lebih kecil lebih baik daripada satu kali gempa 6,5 SR, karena skala lima sampai enam itu 1.000 kali magnitudnya," ucap Nugroho.

Ahli geologi itu mengatakan magnitudo gempa tektonik 6,5 SR yang terjadi di Ambon jika disetarakan dengan satu kilogram bahan peledak atau trinitrotoluena (TNT), maka skalanya setara dengan satu miliar kilogram bahan peledak, hampir sama dengan skala bom atom yang dilepaskan tentara sekutu di Hiroshima saat Perang Dunia II.

"Gempa 6,5 SR rata-rata terjadi di dunia sekitar 20 hingga 40 kali setahun. Kalau skalanya disetarakan dengan bahan peledak, maka kita seperti dibom di Hiroshima saat Perang Dunia II, efeknya seperti gempa 6,5 SR yang terjadi kemarin," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Ambon