Sukses

Pasangan Miliarder Kucurkan Rp 10,5 Triliun untuk Krisis Perubahan Iklim

Stewart dan Lynda Resnick adalah produsen kacang almond terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder Stewart dan Lynda Resnick berjanji menggelontorkan USD 750 juta atau Rp 10,5 triliun (1 USD = Rp 14.189) kepada California Institute of Technology (Caltech).

Kabarnya, gelontoran uang akan dipakai untuk membangun gedung guna mendukung para peneliti di universitas dalam mempelajari ilmu iklim, energi, biofuel, plastik terurai, sumber daya lingkungan, dan lain-lain.

Stewart dan Lynda Resnick adalah produsen kacang almond terbesar di dunia. Keduanya mendukung penelitian yang berfokus pada krisis perubahan iklim.

"Untuk mengelola krisis iklim, kita membutuhkan inovasi terobosan yaitu sains dan kreativitas yang berani," jelas Stewart seperti dikutip dari laman Forbes, Jumat (4/10/2019).

Kekayaan bersih yang dimiliki Stewart dan Lynda sekitar USD 9 miliar, selain memproduksi kacang almond, Fiji Water juga merupakan salah satu usahanya.

Miliarder ini juga memiliki saham di Kern Water Bank, salah satu fasilitas penyimpanan air bawah tanah terbesar di California.

Ini bukan donasi pertama yang diberikan Stewart kepada Caltech. Pada tahun 2014, keduanya USD 15 juta untuk menyediakan beasiswa dan penghargaan bagi siswa yang mempelajari energi bersih dan ilmu keberlanjutan.

"Kemurahan hati Stewart dan Lynda Resnick akan memungkinkan Caltech dalam mengatasi masalah air, energi, makanan, dan limbah di dunia," tutur Thomas F. Rosebaum, Presiden Caltech.

Reporter: Chrismonica

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selain Biayai Pendidikan Siswa, Miliarder Ini Ikut Lunasi Utang Wali Murid

Miliarder filantropi kembali mengejutkan publik dengan kegemarannya berbagi. Mei lalu, miliarder Robert F Smith mengumumkan akan membayar seluruh tagihan pendidikan murid Morehouse College pada tahun ajaran 2019.

Kali ini, Smith kembali berdonasi. Tidak tanggung-tanggung, dia bersedia membayarkan utang orang tua siswa di sekolah tersebut.

Mengutip laman Business Insider, Senin (23/9/2019), Smith dilaporkan berdonasi sekitar USD 34 juta. Siaran pers Morehouse College menyebutkan, Smith menyumbang untuk program baru Morehouse, Student Success Program yang mana sang miliarder akan membayar seluruh tagihan pendidikan dan utang orang tua mahasiswa yang lulus bulan Mei.

"Ini menjadi harapan kita agar lulusan-lulusan Morehouse bisa bebas finansial untuk menggapai cita-cita mereka, melayani masyarakat dan mengenang kebaikan Smith yang telah membantu mereka," demikian kutip siaran pers tersebut.

Sebenarnya, Smith sudah mengatakan tentang donasi ini saat berpidato di depan murid-murid angkatan 2019.

"Keluargaku akan membuat jaminan pelunasan utang pendidikan kalian," ujarnya kala itu.

Sebagai informasi, Smith adalah CEO Vista Equity Partners, perusahaan asal Texas. Menurut Bloomberg Billionaires Index, dia memiliki harta kekayaan senilai USD 6,08 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.