Sukses

Proyek Kereta Gantung Gagal, BPTJ Bakal Bangun Monorel di Puncak Bogor

BPTJ mengaku telah meluncurkan transportasi massal dari Blok M tujuan Taman Safari Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyiapkan infrastruktur angkutan massal yang terintegrasi dan ramah lingkungan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

"Sementara yang direncanakan sejenis monorel. Ini kan banyak jenisnya. Yang lebih kecil dari LRT (light rel transit)," kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono seperti ditulis Minggu (20/9/2019).

Mulanya, pemerintah berencana membangun kereta gantung. Proyek tersebut telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi (RIT) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi Tahun 2018 - 2029. Proyek ini diyakini dapat menjadi solusi kemacetan di jalur Puncak Bogor.

"Sudah ada prakarsanya di Perpres. Namun setelah dihitung, biayanya cukup mahal. Akhirnya wacana itu batal," terang Bambang.

Kemudian muncul wacana LRT yang akan dibangun antara Jakarta-Bogor tersambung hingga kawasan Puncak. Lagi-lagi rencana itu digagalkan dengan alasan infrastruktur sepanjang jalur Puncak Bogor kurang refresentatif untuk digunakan moda transportasi LRT.

"Kemungkinan monorel, ya lebih realistis lah. Tapi ini rencana jangka panjang. Kajiannya juga belum, baru prakarsa," kata Bambang.

Sementara untuk jangka menengah, BPTJ mengaku telah meluncurkan transportasi massal dari Blok M tujuan Taman Safari Bogor. Upaya ini untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi ke tempat obyek wisata.

"Kami menyediakan layanan angkutan massal ini supaya masyarakat mau berpindah dari kendaraan pribadi," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berpindah

Bambang mengakui, mengajak masyarakat berpindah dari kendaraan pribadi ke angkutan massal bukan pekerjaan mudah, karena harus mengubah gaya hidup masyarakat Jabodetabek.

"Kita sadar mengajak masyarakat berpindah dari kendaran pribadi ke angkutan massal tantangannya cukup berat. Ini tidak hanya sebatas mengubah lifestyle atau gaya hidup namun juga mindset dalam bertransportasi," terang Bambang.

Karena itu, BPTJ akan terus melakukan terobosan dengan membangun layanan angkutan publik yang mampu bersaing dengan kenyamanan kendaraan pribadi. Selain itu, memberdayakan masyarakat untuk menjadi Polisi Lingkungan Warga (Polingga).

Mereka nantinya akan diberikan pelatihan bagaimana caranya mengatur lalu lintas di titik rawan kemacetan.

"Harapannya Polingga ini bisa membantu petugas polisi atau Dishub mengurai kemacetan di Puncak," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.