Usai Kebakaran, Penerbangan di Bandara Kertajati Beroperasi Normal Hari Ini

Oleh Bawono Yadika pada 29 Sep 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2019, 14:00 WIB
(Foto: Dok PT Angkasa Pura II)
Perbesar
Bandara Kertajati (Foto: Dok PT Angkasa Pura II)

Liputan6.com, Jakarta - Lahan ilalang di sekitar landasan pacu (runway) 32 Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati terbakar pada Sabtu 28 September 2019 petang kemarin.

Dua penerbangan pun dialihkan pendaratannya dari semula Bandara Kertajati menuju Bandar Udara Internasional Soekarno - Hatta, Tangerang.

Corporate Secretary (Corsec) Bandara Kertajati Arif Budiman mengatakan, kebakaran yang terjadi sudah dapat diatasi dan penerbangan pun mulai hari ini sudah normal kembali.

"Alhamdullilah tadi malam api sudah bisa teratasi dan hari ini penerbangan sudah normal kembali," tuturnya kepada Liputan6.com, Minggu (29/9/2019).

Dihubungi secara terpisah, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono menyebutkan operasi penerbangan di Bandara Kertajatisudah tercatat lancar pada hari ini.

"Sudah, tetap normal operation. Penyelenggaraan bandara akan meningkatkan kewaspadaan dan jika perlu update SOP penanganan emergency di bandara," ujarnya.

Pihaknya pun mengimbau kepada seluruh penyelenggara bandar udara untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan personel terhadap hal-hal yang dapat menjadi kendala jalannya operasional penerbangan.

“Kami mengimbau kepada penyelenggara bandar udara, untuk melakukan pengawasan secara terus menerus untuk mengamankan bandara demi terciptanya keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," kata dia.

2 dari 2 halaman

Lahan Kawasan Bandara Internasional Kertajati Majalengka Terbakar

Ilustrasi Kebakaran
Perbesar
Ilustrasi Kebakaran (iStockphoto)​

Sebelumnya, Badan Penanggulan Bencana Daerah Jawa Barat menyatakan kebakaran melanda wilayah lahan Bandara Internasional Jawa Barat, di Dusun Pejaten, Desa Kertajati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Sabtu (28/9/2019).

"Benar, Sabtu siang sekitar pukul 13.00 WIB telah terjadi kejadian kebakaran lahan tepatnya di wilayah Bandara Kertajati," kata Manager Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Provinsi Jawa Barat, Budi Wahyu, Sabtu malam.

Ia mengatakan, untuk dampak dari kebakaran Iahan yang terjadi ini yaitu di lahan ilalang di kawasan Bandara Internasional Kertajati dan untuk luas area yang terbakar hingga saat ini belum terdata. 

"Untuk jumlah luas area yang terbakar hingga saat ini masih dalam penyelidikan," kata dia dilansir Antara.

Ia mengatakan, telah dilakukan sejumlah upaya untuk memadamkan api di lokasi tersebut dan hingga saat ini BPBD Jawa Barat telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Majalengka.

"Dan BPBD Kabupaten Majalengka juga telah menurunkan tim assessment dan berkoordinasi dengan pihak BIJB, pemadam kebakaran, PT Pertamina, TNI dan polisi untuk memadamkan api bersama secara manual," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, juga dilakukan sekat bakar agar api tidak merambat ke area gedung Bandara Internasional Kertajati.

Lanjutkan Membaca ↓