Siap-siap, Tarif 11 Ruas Jalan Tol Jasa Marga Ini Bakal Naik

Oleh Liputan6.com pada 28 Sep 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 30 Sep 2019, 17:13 WIB
H-3 Lebaran One Way Masih Diberlakukan

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa ruas jalan tol akan segera mengalami penyesuaian tarif di tahun ini. 11 diantaranya merupakan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Jabodetabek Jabar, Irra Susiyanti mengungkapkan jadwal pasti kenaikan tarif tol tersebut belum ditentukan. Namun dipastikan kenaikan tarif tersebut akan dilakuan di tahun ini.

"Kalau jadwal harusnya tahun ini (naik tarifnya)," kata dia saat dihubungi Merdeka.com, Sabtu (28/9).

Sementara itu, untuk besaran kenaikan tarif sendiri berdasarkan pada peraturan yakni UU No 38/2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah no 15/2005 tentang Jalan Tol.

Dalam aturan tersebut ditetapkan bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi.

"Pengalaman (besaran kenaikan) yang 2 tahun dibundling," ujarnya.

 

2 of 4

Daftar 11 Ruas Tol yang Tarifnya Bakal Naik

Jalan tol tol Semarang-Salatiga membelah bukit Polosiri. (Ilyas/Liputan6.com)
Jalan tol tol Semarang-Salatiga membelah bukit Polosiri. (Ilyas/Liputan6.com)

Berikut daftar 11 ruas jalan tol Jasa Marga yang akan mengalami kenaikan tarif :

1. Tol Integrasi Jakarta-tangerang & Tangerang-merak (Cikupa)

2. Jagorawi

3. Gempol-Pandaan tahap I

4. Surabaya-Mojokerto

5. Palimanan-Kanci

6. Semarang Seksi A-B-C

7. Tol Dalam Kota Jakarta (JIUT)

8. Pondok Aren-Serpong

9. Belawan-Medan-Tanjung Morawa

10. Nusa dua-Ngurah Rai-Benoa

11. Surabaya- Gempol

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

3 of 4

Jasa Marga Operasikan 3 Ruas Tol Baru hingga Akhir 2019

Penampakan jalan tol Semarang-Salatiga. (Ilyas/Liputan6.com)
Penampakan jalan tol Semarang-Salatiga. (Ilyas/Liputan6.com)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan bakal mengoperasikan tiga ruas tol baru sampai akhir 2019. Ketiga ruas tol tersebut yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek II atau Japek II Elevated, Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), dan Tol Pandaan-Malang seksi 3 dan 4.

"Ada tiga (yang bakal dioperasikan). Jakarta-Cikampek Elevated, Balikpapan-Samarinda, sama seksi 3-4 Pandaan-Malang," ungkap Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Donny Arsal di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Sebagai informasi, Jasa Marga melalui kelompok usaha PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JCC) target menyelesaikan konstruksi Japek II Elevated pada akhir September 2019. Hingga akhir Juni kemarin, proses pengerjaan tol sepanjang 36,40 km ini telah mencapai sekitar 86 persen.

Sementara PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) terus mengejar pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda agar bisa selesai dan mulai beroperasi sesuai dengan target, yakni pada akhir 2019.

Hingga akhir Agustus 2019, progres konstruksi ruas tol ini telah mencapai 96,827 persen dengan pembebasan lahan yang telah mencapai progres hingga 99,33 persen.

Selain itu, Jasa Marga juga telah menetapkan tarif pada Jalan Tol Pandaan-Malang seksi I-III (Pandaan-Singosari) sepanjang 30,625 km. Selain itu, tarif untuk Jalan Tol Gempol-Pandaan Tahap II (Pandaan IC-Pandaan) yang merupakan akses menuju Jalan Tol Pandaan-Malang sepanjang 1,5 Km juga resmi diberlakukan. Kedua ruas jalan tersebut telah diuji coba pengoperasian tanpa tarif tol sejak 14 Mei 2019.

Lebih lanjut, Donny mengungkapkan, Jasa Marga sampai akhir tahun ini target untuk bisa memperpanjang ruas seluruh jalan tol yang dikelola perseroan hingga sekitar 1.200 km.

"Untuk semester I kemarin kita ada sekitar 1.041 km. Untuk sampai akhir tahun ini, kita target plus minus 1.200 km," pungkas Donny.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓