Sukses

Menko Darmin Lantik Muhammad Rudi Jadi Kepala BP Batam

Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam telah menyiapkan struktur organisasi dan tata kerja BP Batam yang baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution selaku Ketua Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam melantik Walikota Batam Muhammad Rudi sebagai Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam). Selain Kepala, turut pula dilantik Wakil Kepala dan tiga Anggota BP Batam.

"Kami selama beberapa waktu ini telah melakukan proses seleksi untuk mengisi jabatan Wakil Ketua dan para Anggota BP Batam dengan melihat kompetensi kandidat dari sisi integritas, kemampuan teknis, kemampuan manajerial, dan pengalaman kerja para kandidat," ujar Darmin di Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Selain itu, untuk memperkuat posisi BP Batam, Kepala Sekretariat Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Enoh Suharto Pranoto juga mendapat mandat sebagai pelaksana tugas Anggota Bidang Kebijakan Strategis.

Menko Darmin menjelaskan, Dewan Kawasan KPBPB Batam telah menyiapkan struktur organisasi dan tata kerja BP Batam yang baru. "Dari yang tadinya ada 5 menjadi 4 anggota, tapi pembagian tugasnya akan menjadi lebih fokus. Ini sudah disetujui oleh Menpan RB," terangnya.

Keempat anggota di bawah Kepala dan Wakil Kepala tersebut antara lain Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan, Anggota Bidang Kebijakan Strategis, Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi, dan Anggota Bidang Pengusahaan.

Tak hanya itu, Dewan Kawasan KPBPB batam juga telah menyetujui usulan 2 KEK yaitu KEK Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) Batam Aero Technic BAT dan KEK Nongsa Digital Park.

Menko Darmin melanjutkan, Batam memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif sebagai kawasan perekonomian. Kota ini juga mempunyai daya tarik investasi yang tinggi. "Oleh karena itu, kami berharap kepada para pejabat yang baru dilantik untuk dapat mengelola aset-aset yang dimiliki tersebut secara baik dan profesional," jelasnya.

Para pejabat yang baru dilantik tersebut, diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal melalalui peningkatan investasi. Caranya adalah dengan mengurangi hambatan-hambatan investasi terutama yang terkait dengan aturan dan perizinan berinvestasi di Batam. Tentunya, dengan peningkatan tersebut diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Batam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pejabat yang Dilantik

Adapun lima pejabat yang dilantik untuk mengisi jabatan di BP Batam adalah sebagai berikut:

1. Muhammad Rudi, sebagai Kepala.

2. Purwiyanto, sebagai Wakil Kepala.

3. Wahjoe Triwidijo Koentjoro, sebagai Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan.

4. Sudirman Saad, sebagai Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi.

5. Shahril Japarin, sebagai Anggota Bidang Pengusahaan.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.