Sukses

AirNav Pasang Alat Pandu Pilot saat Cuaca Buruk di Bandara Sam Ratulangi

ILS berguna untuk memandu pilot mendaratkan pesawatnya dalam cuaca buruk sekalipun.

Liputan6.com, Manado - Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia memasang fasilitas baru bernama Instrument Landing System (ILS) di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

General Manager AirNav Indonesia cabang Bandara Internasional Sam Ratulangi, Danan Suseno menjelaskan, alat ini berguna untuk memandu pilot mendaratkan pesawatnya dalam cuaca buruk sekalipun. Yakni seperti hujan atau langit yang berawan.

“Karena kalau kita pakai ILS, pilot hanya melihat pada instrumen saja. Jadi di luar gelap pun sedemikian, pilot ikuti apa yang ditunjukkan oleh indikator itu,” tutur Danan di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, seperti dikutip Jumat (27/9/2019).

Danan mengatakan, ILS ini terutama akan sangat berguna agar pesawat tidak menabrak pegunungan. Sebab, Manado memiliki kontur pegunungan yang banyak di sekeliling bandaranya. Hal ini pun seringkali menyulitkan pilot ketika mendaratkan pesawat.

“Pilot akan dituntun pada arah landasan pacu yang bagus. Dalam hal ini dia tidak melenceng kanan-kiri, dia tidak terlalu tinggi, tidak terlalu rendah. Settingannya sudah ada sedemikian,” dia mengakhiri.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipakai Bandara Besar

Sebelumnya, Danan menyebutkan bahwa teknologi ILS ini sudah banyak dipakai oleh berbagai bandara besar di dunia.

AirNav sendiri sudah memasang ILS pada 13 bandara di Indonesia sejak tahun 2015. Yakni Bandara Sultan Thaha di Jambi, Bandara Raden Inten II di Lampung, Bandara Saumlaki di Saumlaki, Bandara Samarinda Baru di Samarinda dan Bandara Langgur di Langgur. 

Kemudian Bandara Adi Sumarmo di Solo, Bandara Sepinggan di Balikpapan, Bandara Frans Kasiepo di Biak, Bandara El Tari di Kupang, Bandara Sultan SK II di Pekanbaru, Bandara Sultan MB II di Palembang, Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, dan Bandara Supadio di Pontianak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.