Sukses

Gaji TNI Naik, Anggaran Kemenhan Jadi yang Terbesar di 2020

dalam APBN 2020, Kementerian Pertahanan mendapatkan alokasi anggaran tertinggi yang mencapai Rp 127,4 triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengalokasikan Rp2.528,8 triliun untuk belanja negara di 2020. Adapun tiga Kementerian yang mendapatkan anggaran terbesar adalah Kementerian Pertahanan sebesar Rp127,4 triliun, Kementerian PUPR Rp120,2 triliun dan Kepolisian sebesar Rp90,3 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, pemberian anggaran besar untuk Kementerian Pertahanan dan Kepolisian dalam rangka penyesuaian anggaran belanja pegawai yang dilakukan pada 2019. Penyesuaian anggaran untuk belanja anggaran ini meliputi kenaikan gaji dan tunjangan TNI.

“Jadi betul penambahan untuk di bidang pertahanan, satu utamanya tadi untuk pemenuhan kebutuhan belanja negara kita pagu di 2019 ini ada pensiunan dari pada belanja reformasi birokrasi di TNI 70 persen berdampak pada belanja pegawai," ujarnya di Kemenkeu, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Pengalokasian anggaran Kementerian Pertahanan juga dilakukan untuk mendorong pemenuhan alat sistem persenjataan (Alsista). "Di bidang pertahanan dibutuhkan peningkatan alsista supaya peralatan bisa terjaga dengan baik," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Kepolisian

Sementara itu, penambahan anggaran Kepolisian dilakukan untuk meningkatkan penjagaan keamanan, mengingat pada tahun depan akan kembali diadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

“Kepolisian untuk menjaga keamanan sekaligus mengantisipasi Pilkada serentak 2020," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.