Sukses

Jurus PTPP Dorong Digitalisasi di Sektor Konstruksi

PTPP menggelar Digital Construction Hack Workshop (DCHW) 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-66, PT PP (Persero) Tbk (PTPP) menggelar Digital Construction Hack Workshop (DCHW) 2019 di Auditorium Wisma Subiyanto, Plaza PP, Jakarta, pada Rabu kemarin.

Workshop ini adalah pendahuluan dari acara Digital Construction Hack (DCH) 2019, yang akan diselenggarakan pada November mendatang, dan merupakan ajangkompetisi programming di dunia konstruksi yang pertama di Asia.

Melalui DCH 2019, PTPP Tbk berupaya mendorong percepatan implementasi teknologi digital di sektor konstruksi, yang pada nyatanyalebih lambat dibandingkan sektor lain.

 

Direktur Strategi Korporasi dan HCM PTPP M. Aprindy mengatakan, DCH 2019 adalah bagian dari rangkaian acara Digital ConstructionDay (DCD) 2019. Setelah sukses diselenggarakan tahun 2017 lalu, DCD 2019 diadakan kembali tahun ini dengan tujuan untukmemberikan pemahaman secara menyeluruh pada pelaku industri konstruksi akan pentingnya digitalisasidan smart construction di era Industri 4.0.

"Sesuai dengan visi pemerintah dalam pengembangan kualitas SDM Indonesia, Hackathon Competition initidak hanya ingin menghasilkan talenta-talenta baru dalam dunia konstruksi digital Indonesia, tapi jugamampu menghasilkan solusi inovatif dan kreatif berbasis teknologi digital," ungkap dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (26/9/2019). 

Digital Construction Hack Workshop (DCHW) 2019 bertujuan memberikan pengetahuan mendalam perihalindustri konstruksi Indonesia kepada para calon peserta lomba.

Di tahapan berikutnya, pada ajang kompetisi pemrograman Digital Construction Hack (DCH) 2019 di 16-17 November 2019, para peserta terpilih akan diberikan materi tentang product design, productdevelopment, dan UI/UX design oleh mentor-mentor yang berpengalaman. Peserta lalu ditantang untuklangsung menciptakan solusi kreatif dan inovatif, yang memanfaatkan teknologi digital terkini, untuk menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi di dalam dunia konstruksi.

Isu dan tantangan ini, antara lain mencakup menciptakan lingkungan kerja dengan Zero Fatalities, mencapai tingkatan kualitasproduk No Defect, monitoring material losses, monitoring proses bisnis secara real time, menjagapenyerapan biaya yang sesuai dengan budget, mengurangi waste, dan memastikan komunikasi antarstakeholders dapat berjalan dengan lancar.

“Tidak hanya pemerintah, pelaku dunia konstruksi, para profesional pemrograman, dan komunitas-komunitas start-up juga bisa punya andil besar dalam pembangunan infrastruktur Indonesia,” kata dia.

Acara puncak DCD 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 26-27 November 2019 di Hotel Mulia Senayandengan mengambil tema Smart Construction in Digital Era. Acara puncak ini mencakup konferensiinternasional di hari pertama dan parallel workshop pada hari kedua.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan Praktisi Dunia

Materi akan dibawakan oleh parapembicara yang merupakan praktisi global terkemuka di bidang konstruksi dan teknologi digital dari Amerika, Eropa, Asia, dan Australia.

Selain itu, Perseroan juga menggelar free exhibition yang menampilkan produkdan teknologi konstruksi digital terkini. Pemenang Digital Construction Hack 2019 akan diumumkan pulapada acara konferensi DCD 2019.

Acara DCD 2019 ini juga sepenuhnya didukung oleh Kementerian PUPRdan Kementerian BUMN.Keseluruhan acara puncak DCD akan dihadiri lebih dari 100 perusahaan terkemuka di bidang konstruksi,konsultan, developer, maupun manufaktur, dengan peserta lebih dari 1.000 orang, termasuk Kepala Divisi, R&D Manager, Project Manager, Project Oficer, Senior Engineer, profesional terkemuka dalam duniakonstruksi, mahasiswa, dan masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap dunia konstruksi digital.

Melalui acara ini, peserta dapat menambah wawasan terhadap pemanfaatan smart construction danperkembangan teknologi pintar bidang konstruksi di era Industri 4.0. Berkaca dari antusiasme peserta DCD2017 lalu, sharing knowledge perkembangan teknologi digital dunia konstruksi ini menjadi acara yang sangatditunggu dan menjadi milestone penting dunia konstruksi di Indonesia.

Informasi lebih lanjut terkait keseluruhan rangkaian DCD 2019 dapat diperoleh dengan mengakses websitehttp://ppdigitalconstruction.com. Peserta konferensi, workshop, dan exhibition juga dapat melakukanpendaftaran melalui website tersebut mulai Rabu (25/09).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.