Sukses

Korea Selatan Latih e-Government PNS Indonesia

Sejak 2016, Kementerian PANRB telah empat kali mengikuti acara pelatihan e-government yang diadakan oleh Pemerintah Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus berupaya meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS berkaitan dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Peningkatan kapasitas ASN ini dilakukan melalui pelatihan e-government yang merupakan salah satu rangkaian kerja sama antara Kementerian PANRB dengan Ministry of Interior and Safety (MOIS) Korea Selatan melalui Indonesia-Korea e-Government Capacity Building Program (eGCC).

Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta, Y B Jarot Budi Harjo sebagai perwakilan dari Pemerintah RI mengatakan, kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan Korea Selatan terkait e-government selama ini telah menghasilkan beberapa capaian. Salah satunya dalam penetapan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE.

"Kerja sama Indonesia-Korea eGCC yang dioperasikan oleh Kementerian PANRB telah berkontribusi dalam pembuatan Peraturan Presiden mengenai SPBE, pengembangan instrumen evaluasi SPBE, dan penyusunan Arsitektur SPBE yang saat ini masih berlangsung," ujarnya saat pembukaan pelatihan Indonesia-Korea eGCC Capacity Building Program di Seoul, Korea Selatan, seperti dikutip Selasa (24/9/2019).

Pada kesempatan itu, Wakil Kepala National Information Society Agency (NIA), Kang Tak Oh menyambut baik bentuk kerja sama ini. "Kami senang bisa bertemu dengan perwakilan dari Pemerintah Indonesia. Kami harap Pemerintah Indonesia bisa mendapat ide dan inovasi baru setelah mengikuti pelatihan ini," ungkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejak 2016

Sejak 2016, Kementerian PANRB telah empat kali mengikuti acara pelatihan e-government yang diadakan oleh Pemerintah Korea Selatan. Dalam pelatihan kali ini, Kementerian PANRB menugaskan 10 peserta, yakni 5 peserta dari Kementerian PANRB, 1 peserta dari Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta, 1 peserta dari Pemprov Jawa Barat, 1 peserta dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan, 1 peserta dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, dan 1 peserta dari Pemkab Batang.

Selain Kementerian PANRB, Pemerintah Korea Selatan juga mengundang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI serta Bank Dunia atau World Bank Indonesia dengan beberapa kategori fokus pelatihan yang berbeda.

Materi mengenai e-government dijelaskan oleh pemateri ahli baik dari MOIS, NIA, maupun Korea Information Technology Consulting (KITC). Selain di kelas, peserta juga mengunjungi beberapa tempat-tempat yang masih memiliki keterkaitan dengan penerapan e-government di Seoul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.