Sukses

Di AS, Menteri Jonan Pamerkan Penggunaan Energi Terbarukan Indonesia

Menteri ESDM Ignasius Jonan tengah menghadiri "Accelerating the Energy Transition on the Road to 2020 and Beyond" di AS.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memamerkan keberhasilan Indonesia dalam melakukan transisi energi fosil ke energi yang ramah lingkungan di New York, AS.

Di sana, Jonan tengah menghadiri Energy Action Forum "Accelerating the Energy Transition on the Road to 2020 and Beyond" bersama dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

‎Jonan mengatakan, langkah strategis pertama adalah kemudahan akses energi dan keterjangkauan masyarakat dalam mendapatkan energi merupakan prioritas.

Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals /SDG) 7, yaitu memastikan akses ke energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern. Untuk itu, Indonesia sangat berkomitmen untuk memperhatikan aksesibilitas dan keterjangkauan sebagai semangat dalam proses transisi energi.

"Menyediakan energi dengan harga terjangkau adalah kunci transisi yang sukses. Kami juga memastikan tidak ada seorangpun yang tertinggal. Transisi energi harus sejalan dengan dua aspek ini," kata Jonan, dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Jonan menjelaskan, meskipun sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia saat ini pemerataan kelistrikan Indonesia (rasio elektrifikasi) mencapai 98,81 persen, dengan target ‎99 persen pada akhir 2019.

"Target kami adalah untuk mencapai rasio elektrifikasi 99 persen pada akhir 2019, dan lebih jauh lagi, pada 2020, kami berharap dapat menyediakan listrik untuk semua rumah tangga di seluruh negeri dengan cara yang terjangkau," jelas Jonan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Berikutnya

Jonan melanjutkan langkah berikutnya adalah komitmen untuk mempercepat pengembangan energi terbarukan dan meningkatkan porsinya dalam bauran energi nasional. 

Sementara yang ketiga adalah pemanfaatan kemajuan teknologi untuk memperluas akses energi, namun tetap mempertahankan keterjangkauan dan mengakomodasi energi terbarukan ke dalam sistem.

"Kami mencari teknologi yang sesuai dengan kondisi geografis Indonesia. Sebagai Negara Kepulauan, kami membutuhkan sistem yang independen. Kami harus membangun sistem yang lengkap di setiap pulaunya, yaitu pembangkit listrik dan transmisi," papar Jonan.

Transisi energi di setiap negara, menurut Jonan, memiliki keunikan tersendiri, karena terkait dengan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing negara.

Di Indonesia misalnya, yang merupakan negara produsen minyak kelapa sawit terbesar, telah menerapkan Biodiesel 20 persen atau B20, yang terdiri dari 20 persen Fatty Acid Methyl Esters (FAME) dan 80 persen minyak diesel (CN 48) untuk seluruh kebutuhan bahan bakar diesel, dan tahun 2020 nanti akan ditingkatkan menjadi B30.

"Dengan menggunakan biodiesel itu lebih bersih, lebih hijau, dan berkelanjutan untuk mengurangi emisi karbon di sektor transportasi," tegas Jonan.

 

3 dari 3 halaman

Penyederhanaan Regulasi

Untuk mempercepat transisi energi, selain menggunakan biodiesel, Menteri ESDM juga menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia telah memperkenalkan mekanisme pemberian insentif penggunaan kendaraan berbahan bakar listrik sebagai sarana transportasi publik maupun pribadi. Diiharapkan akan menimbulkan minat masyarakat menggunakan kendaraan berbahan bakar listrik.

Inisiatif lainnya yang dilakukan pemerintah Indonesia adalah dengan melakukan penyederhanaan regulasi maupun peraturan.

"Yang tak kalah penting adalah kolaborasi antar negara untuk saling membantu mempercepat adopsi kemajuan teknologi yang terjangkau untuk semua. Pencapaian target Paris Agreement kami akan lebih tinggi dengan dukungan internasional," pungkas Jonan.

Sebagai informasi, The Energy Action Forum merupakan bagian dari Energy Track of the United Nation (UN) Climate Action Summit. Acara ini diselenggarakan oleh UN Secretary-General's Climate Action Summit Team, bersama-sama dengan anggota koalisi UN Energy Transition Track; Denmark, Ethiopia, Palau, Italia, Indonesia, Kolombia, Maroko, Sustainable Energy for All, International Energy Agency (IEA) dan World Bank

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.