Solusi Punya Rumah Meski Dana Minim

Oleh Fitriana Monica Sari pada 25 Sep 2019, 20:00 WIB
Property Rumah

Liputan6.com, Jakarta Kaum milenial sering dinilai tak akan bisa memiliki rumah . Ini melihat perilaku mereka yang boros karena gaya hidup yang berlebihan.

Namun, generasi milenial sebenarnya masih tetap berpeluang memiliki rumah. Dengan tanpa meninggalkan kebiasaannya.

RISHA atau Rumah Instan Sehat Sederhana adalah solusi terbaik untuk kaum milenial yang ingin memiliki rumah tapi dengan dana pas-pasan.

Rumah ini memiliki teknologi pembangunan yang cepat, praktis, dan dapat diperoleh dengan harga terjangkau. Hanya dengan uang sekitar Rp 5 juta, kamu sudah bisa mendapatkannya.

Mau tahu lebih jauh soal RISHA? Dilansir dari Swara Tunaiku, ini dia penjelasannya. 

1. Hunian Murah Teruji Standar Nasional

Tahukah kamu bahwa hunian murah ini ternyata sudah memenuhi standar nasional atau SNI? Meskipun harganya murah, tetapi kualitasnya tak main-main.

Hingga kini, rumah RISHA ini sudah dibangun di 60 wilayah di Indonesia dengan jumlah hingga ratusan ribu unit.

2. Konstruksi dari Material Sederhana

Mungkin kamu bertanya kenapa harga rumah ini bisa sangat murah?. Itu karena RISHA menggunakan bahan konstruksi dari material sederhana, yakni beton bertulang yang merupakan campuran dari pasir, semen, dan kerikil. Untuk lantai, ia menggunakan balok loteng dan papan kayu yang sudah terjamin secara pabrikasi. 

2 of 4

3. Berkonsep Bongkar Pasang dan Memakai Beton Instan

Pemerintah Bangun Rumah Instan bagi Warga di Tangerang
Secara teknis, spesifikasi RISHA telah memenuhi standar SNI dan dari segi biaya lebih murah dan proses pelaksanaan lebih mudah dan cepat.

Rumah RISHA ini memiliki teknologi yang sederhana, tapi sangat baik. Ia ditemukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR.

Konsep yang digunakan adalah bongkar pasang dan dalam pembangunannya tak butuh material yang banyak. Beton bertulang yang digunakan kebanyakan adalah beton instan.

Oleh sebab itulah, pembangunannya tidak butuh waktu yang lama. Kamu bisa membangun rumah ini dan tak butuh waktu yang lama untuk bisa menempatinya. Sebab, konstruksi penyusun rumah ini sudah memiliki ukuran modular.

4. Pembangunan dan Instalasinya Lebih Mudah

Dibanding rumah biasa, rumah RISHA ini membuat konsep pembangunan dan instalasinya jadi lebih mudah. Itu dikarenakan rumah ini memiliki konsep bongkar pasang. Komponennya juga modular sehingga mudah dalam proses perancangan.

Dalam perancangannya, untuk membuat satu unit rumah ini hanya butuh 3 orang dengan waktu pengerjaan sangat ringkas.

3 of 4

5. Tahan Gempa

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Hal lain yang harus kamu ketahui tentang rumah ini adalah ia tahan gempa. Strukturnya mampu menahan gempa hingga kekuatan 8 skala richter dan 8 modified mercalli intensity.

Di Lombok, rumah RISHA ini juga sudah dibangun sebagai pengganti rumah warga yang rusak akibat gempa beberapa waktu lalu.

6. Mudah Dikembangkan

Selain itu, rumah ini juga sangat mudah dikembangkan. Strukturnya yang tersusun dari modul memungkinkan untuk melakukan perluasan dan penambahan lantai tanpa harus mengubah struktur bangunan awal.

Meski begitu, rumah ini memiliki kapasitas maksimal untuk masing-masing lantainya, yakni 125 kg per meter persegi.

4 of 4

7. Punya Banyak Keunggulan

Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) jadi solusi rekonstruksi rumah yang rusak atau hancur akibat gempa.(Foto: Kementerian PUPR)
Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) jadi solusi rekonstruksi rumah yang rusak atau hancur akibat gempa.(Foto: Kementerian PUPR)

Rumah RISHA ini juga memiliki banyak sekali keunggulan. Di antaranya adalah dalam hal bujet. Kamu bisa memiliki rumah ini dengan hanya Rp 50 juta. Kamu juga bisa membangunnya dengan dua lantai asal memenuhi beberapa syarat. 

Nah, sudah mengenal rumah RISHA, kan? Rumah ini adalah solusi yang baik untuk para milenial yang ingin memiliki rumah namun memiliki masalah dalam hal keuangan. Dengan Rp 50 jutaan, kamu sudah bisa memiliki rumah yang satu ini. Jadi, punya rumah impian tak lagi hal yang mustahil sekarang!

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by