Kisah Sukses Pendiri PUBG dan Hal yang Bisa Dipelajari dari Mereka!

Oleh Fitriana Monica Sari pada 22 Sep 2019, 06:00 WIB
PUBG Mobile

Liputan6.com, Jakarta Brendan Greene, sosok dibalik PUBG yang terkenal dan dimainkan jutaan orang memang tak terlalu terkenal. Namun, ternyata ia memiliki kisah yang panjang dalam mendirikan PUBG itu.

Dikutip dari Swara Tunaiku, ternyata ada banyak hal yang bisa kamu pelajari darinya. Apa saja, ya?

Kelahiran PUBG

Greene pada awalnya bekerja sebagai fotografer dan pengembang situs. Setelah dua tahun bekerja di bidang itu, dia pulang ke kampung halaman dan mulai mengubah game klasik Arma 2 menjadi DayZ: Battle Royale dengan menggunakan MOD. Dia mengalami sukses yang besar dan dari sanalah dia direkrut oleh pengembang game Daybreak.

Sayangnya, dia tak bertahan lama di sana. Ia terbang menuju Seoul. Di sana ia membuat orang di balik BlueHole Korea terkesan dengan idenya di bidang game Battle Royale. Dari sinilah PUBG dimulai. Pada tahun 2016, BlueHole mulai mengembangkan PUBG dan kemudian dirilis pada tanggal 23 maret 2017.

Ia mencapai titik kesuksesan dalam waktu yang singkat. Bahkan, dalam kurun waktu setengah tahun saja ia sudah berada dalam deretan most popular games di Steam. Namun, kesuksesan datang bersamaan dengan tantangan. Pesaing membuat hal yang serupa dan mengambil perhatian pengguna PUBG. Namun, Greene tak pernah ambil pusing soal itu.

2 of 4

Hal yang Dapat Dipelajari dari Brendan Greene

Brendan Greene, Pendiri PUBG (swara.tunaiku.com)
Brendan Greene, Pendiri PUBG (swara.tunaiku.com)

Terlepas dari panjangnya sejarah game PUBG dan beberapa isu serta kritik yang menimpanya beberapa waktu lalu, ada banyak hal sebenarnya yang bisa kamu ambil dan pelajari dari pendiri game ini. Terlebih, sampai saat ini ia juga lebih memilih hidup sederhana padahal game-nya sukses besar. Ini dia hal yang bisa kamu pelajari itu!

1. Tetap Low Profile

Low profile adalah mental orang kaya yang sesungguhnya. Ia kaya, tapi tetap sederhana dan tak foya-foya. Kesuksesan PUBG nyatanya tak membuat Greene lupa diri dan ini patut untuk dicontoh. Tidak mengumbar kemewahan lewat media sosial itu jauh lebih baik.

2. Berkarier dari Satu Bidang ke Bidang Lain

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Greene awalnya tak ada niat untuk berada di bidang ini. Dia lebih memilih untuk menjadi fotografer. Namun, berkat itu dia malah bisa menguasai banyak bidang. Jadi, jangan malu bila nanti kamu berkarier di bidang yang bukan sesuai jurusan. 

Toh, di luar sana ada banyak yang berhasil dengan jalan ini. Ingatlah, pada akhirnya apa yang kamu lakukan tak akan pernah berakhir sia-sia. Pasti ada yang bisa membuatmu lebih sukses. Seperti Greene. Sebelum sukses jadi pengembang PUBG, ia melakukan berbagai pekerjaan lain lebih dulu.

3 of 4

3. Bisa Sukses di Bidang yang Tidak Terlalu Disukai

Realme 5
Main PUBG Mobile dengan pengaturan low. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Menariknya, Greene sebenarnya bukanlah maniak atau penyuka game. Ia memiliki dunia yang lebih luas dari itu. Tapi coba lihat. Ia bisa sukses dalam bidang yang tak terlalu ia sukai.

Jadi, jangan pernah mengeluh bila sekarang kamu berkarier di bidang yang bukan passion-mu. Bisa jadi nantinya kamu bisa sukses juga!

4. Tetap Tenang Menghadapi Pesaing

Dengan berkembang dan majunya PUBG, ada banyak pesaing yang muncul. Ketika PUBG naik daun, ada banyak game dengan konsep battle royale yang ikut muncul. Namun, Greene tak pernah ambil pusing dengan hal itu. Ini jelas patut kamu contoh. Tetap tenang adalah kunci utamanya.

Meski Brendan Greene sudah mencapai kesuksesan, nyatanya ia tak pernah ambil pusing dengan apa yang terjadi dan tetap sederhana. Siapa yang menyangka, sebenarnya ia adalah seorang miliarder?

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓