Generasi Milenial Ketahui Kiat Membangun Jaringan yang Baik

Oleh Fitriana Monica Sari pada 27 Sep 2019, 06:00 WIB
Ini 4 Alasan Kenapa Networking Tak Selamanya Jadi Kunci Sukses

Liputan6.com, Jakarta Membangun jaringan atau networking adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu pekerjaan dan meningkatkan karier. Bahkan, untuk pemula yang baru lulus kuliah pun perlu melakukannya. Networking akan memberikan banyak manfaat untuk kamu.

Bagi kamu para milenial yang ingin membangun networking yang baik dan bermanfaat, ini kiat dari Swara Tunaiku yang bisa kamu lakukan.

1. Terbukalah 

Mulai sekarang, cobalah untuk terbuka dengan siapa pun. Kamu bisa coba membuka obrolan atau menanggapi obrolan dengan orang yang mungkin baru saja kamu kenal di suatu tempat.

Tak usah obrolan yang berat, obrolan yang ringan saja sudah cukup. Contoh obrolan yang bisa dibahas adalah tempat kamu berada, hobi hingga pekerjaan.

Meskipun orang yang kamu temui tak sejalan dengan kamu, tak ada salahnya. Anggap saja kamu sedang menambah tali silaturahmi.

Namun, jika orang tersebut memiliki banyak kesamaan dengan kamu, tentu bisa mendapatkan keuntungan darinya karena ia bisa memberikan hal yang baik bagi kehidupan dan bisa saja kariermu ke depannya.

2 of 3

2. Buat Dirimu Terlihat

Ilustrasi wanita
Generasi milenial

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah membuat dirimu terlihat. Daripada kamu menghabiskan waktu dengan duduk di sudut ruangan, lebih baik kamu berkeliling sambil mengedarkan pandangan.

Pasang ekspresi yang positif dan membuat orang bisa menerimamu. Kalau ketemu, jangan ragu untuk balas tersenyum dan mulailah perbincangan.

3. Follow up Media Sosial

Setelah bertemu dengan orang yang mungkin nyambung dengan kamu, cobalah untuk saling bertukar kartu nama atau paling tidak media sosial.

Ingat, generasi milenial biasanya jauh lebih agresif dan akan langsung mencoba terhubung dengan kenalan baru di platform media sosial. 

Dengan ini, kamu bisa lebih mengenal rekan barumu dan bisa menjalin hubungan yang lebih santai. Namun, jika ragu memulai hubungan melalui media sosial, tak ada salahnya kamu bertanya lebih dulu secara langsung atau via email.

3 of 3

4. Selalu Berbuat Baik pada Siapapun

Ilustrasi bersalaman
Ilustrasi (iStock)

Kamu mungkin ingat pesan orang tua bahwa ketika berbuat baik pada orang lain, maka juga akan mendapatkan kebaikan dari orang lain pula.

Hal ini nyatanya memang harus ditanamkan dalam diri kamu dan sebisa mungkin terapkan di setiap kesempatan. Kamu harusnya berbuat baik pada siapapun tanpa memandang bulu.

Sebab, bisa saja suatu ketika kamu bertemu dengan orang yang telah dibantu dan orang tersebut menjadi teman atau rekan yang bisa membawa kebaikan pada kehidupan dan kariermu ke depannya, kan?

5. Datanglah ke Komunitas yang Mewadahi Hobi dan Minatmu

Cara paling mudah untuk membangun networking adalah dengan datang ke komunitas atau perkumpulan yang sesuai dengan hobi dan minat.

Sekarang sudah banyak komunitas yang menaungi berbagai macam aktivitas, lo! Kamu bahkan tak perlu terlalu susah mencarinya dan kebanyakan dari mereka terbuka untuk umum.

Misalnya, kamu bisa menemukan komunitas olahraga, musik, kuliner, dan masih banyak lagi. Kamu bisa bergabung ke komunitas tersebut dan merasakan sensasi bergabung dengan orang yang memiliki hobi sama denganmu. Dengan cara ini, kamu bisa mendapat banyak teman baru dalam waktu yang singkat.

Itulah berbagai cara yang bisa kamu terapkan untuk bisa mendapatkan networking yang baik dan luas. Kalau kamu menemukan seseorang yang sekiranya bisa jadi panutan, tak ada salahnya kamu jadikan ia sebagai mentor. Hal ini bisa membantu kamu untuk lebih berkembang dan kamu juga bisa dapat ilmu yang banyak dari mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by