Ingin Karier Maju, Miliki 7 Kemampuan Dasar Ini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 23 Sep 2019, 06:00 WIB
Wanita Karir

Liputan6.com, Jakarta Di tengah persaingan bisnis yang makin ketat, tentunya banyak orang harus berlomba untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

Untuk bisa mendapatkannya, semua dituntut harus memiliki kemampuan dasar atau skill yang baik.

Apa saja kemampuan dasar yang selayaknya harus dimiliki agar bisa bersaing dan karier maju, simak ulasan dari Swara Tunaiku berikut ini.

1. Kemampuan Bahasa Asing

Ada berapa bahasa yang sekarang sudah Anda kuasai? Kalau masih bahasa Indonesia saja, ada baiknya mulai mengembangkan diri dan belajarlah menguasai bahasa asing.

Di era seperti sekarang ini, mengerti dan menguasai satu bahasa saja tak cukup. Dari sekian banyak bahasa di dunia, bahasa Inggris adalah yang wajib dikuasai.

Sebab, bahasa Inggris sudah ditetapkan sebagai bahasa internasional. Kalau begitu, ke mana pun Anda pergi, kemampuan berbahasa Inggris ini akan membantu. Kalau sudah mahir, ada baiknya kemudian belajar bahasa asing yang lain. Misalnya, bahasa Mandarin, Jepang, Jerman, Prancis, hingga Spanyol.

2. Public Speaking

Kemampuan yang satu ini juga tak kalah pentingnya dengan kemampuan berbahasa asing. Di zaman seperti ini, semua dituntut untuk berani dan mampu berbicara di depan banyak orang sebab sekarang semua serba presentasi.

Mau melamar kerja sekalipun, Anda juga dituntut untuk bisa public speaking yang baik.

Kemampuan ini bisa kamu dapatkan dengan terbiasa berbicara di depan banyak orang. Kamu bisa mempelajari hal ini dari tingkat sekolah sekalipun. Salah satunya adalah tugas presentasi di depan kelas yang mampu meningkatkan public speaking dan self confidence.

2 of 4

3. Kemampuan Mengoperasikan Komputer

kerja keras bagai kuda 1
Ilustrasi./Copyright pexels.com

Selain itu, Anda juga dituntut untuk memiliki kemampuan bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Paling tidak, harus bisa menguasai Microsoft Office seperti Word dan Excel.

Namun, Anda tak hanya harus menggunakannya untuk mengetik saja. Tetapi juga dituntut untuk bisa menguasai berbagai program di dalamnya.

Misalnya, membuat header, table, ekspor tulisan ke format lain dan sebagainya. Akan lebih bagus lagi kalau kamu menguasai program lain seperti Adobe, Corel hingga content management system atau CMS pada blog dan situs. Hal ini bisa membantu mengerjakan tugas kantor yang berkaitan.

4. Internet dan Media Sosial

Tak hanya itu, Anda juga dituntut untuk bisa menggunakan internet dan media sosial. Di zaman sekarang ini, tentunya hal itu bukan hal yang susah, kan? 

Anda bisa mempelajarinya dengan mudah. Kebanyakan perusahaan sekarang juga merekrut karyawan dengan melihat media sosialnya, karena mereka melihat brand image yang baik darimu.

3 of 4

5. Kecerdasan Emosi

Ilustrasi
Gelar sarjana tak menjamin seseorang mudah mendapatkan pekerjaan. Kira-kira apa ya penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Tak hanya ijazah saja yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Kamu juga harus memiliki kecerdasan emosi yang baik.

Sebab, dengan kecerdasan emosi yang baik, Anda bisa mengambil waktu untuk bernegosiasi dan mengambil hati investor hingga konsumen.

6. Manajemen Waktu

Semua orang tentu memiliki kesibukan masing-masing. Kesibukan itu bahkan tak ada habisnya untuk orang-orang tertentu.

Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik dan mampu mengerjakan semua tugas sesuai dengan batas waktu tentunya sangat diprioritaskan perusahaan.

4 of 4

7. Kemampuan Adaptasi

Ilustrasi teman - sahabat - rekan kerja (iStock)
Ilustrasi teman - sahabat - rekan kerja (iStockphoto)

Kemampuan yang satu ini terlihat mudah untuk didapat. Namun, sering kali orang membatasi diri untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan rekan kerja baru padahal hal ini sangat dibutuhkan.

Membuka diri dan menerima hal yang baru akan membantumu belajar hal baru setiap hari agar tak tersisih dari lingkungan.

Nah, itulah beberapa kemampuan dasar yang selayaknya kamu miliki bila mau karier maju dan cemerlang.

Hal ini patut dimiliki pencari kerja atau bahkan mereka yang sudah bekerja lama sekalipun. Sebab, tanpa kemampuan tersebut, mereka tak akan bisa berkembang.

Lanjutkan Membaca ↓