Ingin Berkarier Jadi Gamer Profesional, Begini Caranya

Oleh Fitriana Monica Sari pada 24 Sep 2019, 20:00 WIB
BTN C

Liputan6.com, Jakarta Idealnya, bermain game bertujuan untuk melepas penat atau mengisi waktu luang. Akan tetapi, perbedaan mindset ada pada seseorang yang ingin berkarier menjadi gamer sejati.

Kamu berkesempatan jadi pro gamers jika mengeksplorasi kemampuan dalam bermain game. Perlu kamu tahu tentang berbagai tips dan triknya menjadi pro gamers yang dikenal banyak pihak berikut ini, seperti yang dilansir dari Swara Tunaiku.

1. Siapkan Komitmen 

Komitmen sangat penting dalam segala hal. Kamu akan mampu melakukan sesuatu dengan hebat dan sukses apabila selalu mengedepankan komitmen.

Sebagai seseorang yang ingin memulai sesuatu, kamu harus menanamkan keyakinan untuk menekuni bidang tersebut. Untuk menjadi pro gamers, fokuslah menekuni game yang kamu gemari. Tanamkan pikiran positif tentang itu.

Jangan sampai komitmenmu goyah akibat pemikiran negatif orang lain soal pemain game. Tetaplah fokus dan tentukan targetmu tahun ini untuk menguasai game yang kamu gemari, sehingga bisa menjadi gamer andal. Beragam keuntungan sebagai pro gamers pun akan diperoleh.

2. Menguasai Game Kegemaran

Setelah berkomitmen menjadi seorang pro gamers, kamu akan lebih fokus menekuni dan meraih pencapaian sebagai seorang gamers sejati. Untuk menjadi seorang profesional, tentu harus menguasai bidang tertentu. Oleh karena itu, berorientasilah untuk menguasai salah satu jenis game. 

Peluang untuk menguasainya lebih besar ketika memulai dari satu atau beberapa game yang kamu sukai. Kamu akan lebih santai dan tak terbebani ketika harus menguasai game tersebut. Bahkan, kamu akan sanggup mencari triknya agar bisa bersaing dengan lawan. Jika demikian, kemenangan bisa selalu ada di pihakmu.

2 of 4

3. Rutin Berlatih

Nvidia
Gamer profesional asal Malang, Gisma Triayuda, yang memiliki nama inisial Melon. Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum

Rutinitas akan melatih dirimu terbiasa dan lebih ahli dalam melakukan sesuatu. Rutin berlatih adalah kunci menjadi seorang professional gamers.

Kamu membutuhkan latihan yang berkelanjutan untuk melatih koordinasi tangan serta strategi bermain game. Semakin sering memainkannya, semakin cepat kamu menguasai. Beragam kompetisi akan mampu ditaklukkan.

Dalam berlatih, jangan lupa menyusun jadwal harian agar tidak mengganggu aktivitas lainnya. Penjadwalan juga mengatur waktu bermain game agar tidak berlebihan.

Jangan lupa pula untuk menggunakan waktu secara efektif setiap kali berlatih. Siapkan peralatan bermain game yang memadai agar melancarkan kegiatan berlatih. Dengan cara ini, performa akan cepat meningkat.

4. Membentuk Tim

Untuk menjadi seorang professional gamers, kamu perlu bergabung dalam sebuah tim. Selain memicu performa yang lebih andal, bergabung dalam sebuah tim bisa menambah semangat dan menyumbangkan trik bermain yang belum kamu ketahui. Buatlah tim solid bersama temanmu sesama gamers agar bisa berlatih dengan tim lawan dan pada akhirnya bisa mengikuti kompetisi.

3 of 4

5. Ikuti Berbagai Turnamen

Turnamen Mobile Esports Cup 2019 di Mangga Dua
Suasana kompetisi NXL Mobile Esports Cup 2019 di lantai dasar Mangga Dua Mall, Jakarta, Minggu (17/3). NXL menghadirkan turnamen offline untuk menantang kemampuan para gamer, khususnya di game Mobile Legends dan PUBG Mobile. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mengikuti kompetisi atau turnamen game merupakan pilihan yang harus ditempuh. Kamu bersama tim hebatmu bisa mulai dari kompetisi yang kecil. Tujuannya agar kamu bisa mengukur seberapa besar kemampuanmu dan tim di antara tim lawan. Cobalah terus sampai berhasil memperoleh peringkat juara. Penghargaan ini akan memotivasimu lebih giat lagi.

6. Bergabung di Komunitas Gamers

Kamu juga harus aktif dalam sebuah komunitas gamers. Relasi sangat dibutuhkan dalam bermain game. Melalui relasi ini, kamu bisa mendapat teman baru yang bisa jadi sudah menjadi pro gamers andal. Jadi, bersiaplah mengenal dunia gamers yang sesungguhnya.

4 of 4

7. Membangun dan Menjaga Reputasi

AlphaGo Tantang Gamer
2 Gamer Profesional Starcraft 2 Siap Hadapi Tantangan AlphaGo (2P)

Membangun dan menjaga reputasi diri dan tim bermain sangatlah penting demi kelancaran kariermu. Reputasi yang baik atau sangat baik akan mendukung langkahmu dalam setiap hal. Berbagai kesempatan akan terbuka lebar mulai dari penawaran bergabung dalam tim andal, menjadi influencer game, panitia kompetisi, dan sebagainya.

Semakin aktif berlatih dan konsisten pada tujuanmu menjadi professional gamers, tentu semakin besar peluang terwujudnya impianmu. Tetaplah berpikir positif untuk meraih tujuanmu dengan cara yang positif pula. Berkompetisilah secara sehat dan teruslah menjalin relasi. Jangan pernah puas agar impianmu semakin nyata. Soal keuntungan materi, pro gamers juga punya peluang.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by