Lewat 8 Hobi Ini, Pundi-pundi Uangmu Bisa Semakin Bertambah

Oleh Fitriana Monica Sari pada 21 Sep 2019, 09:00 WIB
Ilustrasi backpacker menggunakan kamera digital

Liputan6.com, Jakarta - Ingin tabunganmu semakin bertambah? Berdayakan hobi yang kamu punya mulai sekarang. Kamu bisa mengembangkan hobi untuk menambah pundi-pundi uang.

Bagaimana caranya? Tekunilah hobimu dan cobalah menjalankan bisnis berbasis hobi. Kamu bisa menciptakan barang atau jasa dari hobimu itu.

Sebagai referensi, inilah beberapa hobi yang potensial menambah penghasilan, menurut Swara Tunaiku!

1. Fotografi dan Videografi

Kamu yang punya hobi di bidang fotografi dan videografi dapat membuka jasa editing foto dan video. Membuka studio foto juga sangat potensial sebagai ladang bisnis. Layanan pemotretan dan pembuatan video bisa dilakukan untuk berbagai event, seperti wisuda, wisata, wedding, dan sebagainya.

Foto dan video saat ini juga dibutuhkan sebagai media marketing online. Kamu bisa membuka layanan iklan via media sosial atau website dengan memberikan foto atau videonya ke klien yang membutuhkan. Peluangnya sangat besar dan menjanjikan.

2. Menulis

Menulis merupakan hobi yang menjanjikan saat ini. Untukmu yang sangat senang menuangkan imajinasi lewat tulisan, inilah saatnya untuk maju. Kamu bisa menjadi penulis fiksi (cerita, puisi, syair) ataupun nonfiksi (opini, artikel, esai).

Menjadi penulis konten juga sangat menjanjikan saat ini. Berbagai pihak membutuhkan tulisan untuk dijadikan konten pemasaran. Pekerjaan sebagai penulis konten ini bisa dilakukan full time, part time, ataupun freelance. Jadi, karyamu bisa dihargai dan pemasukan bertambah.

2 of 4

3. Bermusik

Ilustrasi musik gitar
Ilustrasi (iStock)

Musik mampu mengembalikan mood dan menyegarkan pikiran. Selain manfaat tersebut, kamu bisa mengikuti jejak banyak pihak yang berkarier lewat musik. Hobi bermusik dapat menambah pemasukanmu. Kamu dapat bernyanyi ataupun bermain musik.

Pekerjaan yang berawal dari hobi bermusik bisa menjanjikan. Penyanyi, pemain musik, musisi, produser, pemilik studi musik, dan sebagainya bisa menjadi pekerjaan yang potensial untukmu. Kuncinya adalah selalu mengembangkan kemampuan dan memanfaatkan peluang.

4. Memasak

Apakah kamu hobi memasak? Banyak pihak yang sudah memanfaatkan hobi mereka di bidang kuliner. Menjadi seorang chef, berbisnis restoran, membuka layanan catering, salah satunya bisa kamu coba. Bahkan saat ini kamu dapat menjadi konsultan online dalam resep makanan, minuman, ataupun kue di sebuah bisnis kuliner.

3 of 4

5. Menjahit

Jahit Menjahit
Ilustrasi Foto Menjahit (iStockphoto)

Menjahit adalah keahlian yang sangat menguntungkan. Kamu yang punya hobi menjahit bisa membuat aneka kerajinan tangan untuk dijual sebagai hiasan, barang unik yang bernilai guna, dan suvenir.

Sebagai contoh, kamu bisa berkreasi membuat gantungan kunci dari kain, bantal, boneka, tas, dompet, dan sebagainya. Kreativitas dan inovasi berperan penting dalam hal ini.

6. Melukis

Dalam sebuah pameran, sering kali terdapat lukisan yang harganya tidak murah. Tingkatan harga mulai dari yang terjangkau sampai yang sangat mahal, tentu merupakan suatu pendapatan yang menjanjikan bagi pelukisnya.

Keterampilan seni memang pantas dihargai mahal. Kamu yang hobi melukis bisa menciptakan lukisan di sela-sela kesibukan dan dijual setelah terkumpul nanti. Jika mempunyai relasi yang menghargai seni, tawaran harga tinggi bukanlah suatu masalah.

4 of 4

7. Traveling

Travelling
Ilustrasi Travelling/copyright shutterstock

Tidak selamanya hobi traveling itu hanya menghabiskan uang. Selain bisa menyegarkan pikiran karena padatnya rutinitas, traveling bisa menghasilkan uang juga.

Pekerjaan yang cocok untukmu yang hobi traveling adalah menjadi penulis blog traveling, tour guide, ataupun pembawa acara traveling atau kuliner.

8. Make Up

Ternyata hobi merias wajah bisa menghasilkan uang juga. Peluang menjadi perias wajah, beauty vlogger, beauty therapist, terbuka bagi kamu yang punya hobi tersebut. Kamu bisa menjalin relasi dengan teman dan membuat iklan untuk mendapatkan klien.

Kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan di era modern ini. Menekuni hobi bisa menjadi jalan kesuksesan yang menyenangkan. Selain hati senang, kamu bisa menambah pendapatan melalui hobi. Bahkan, tidak sedikit orang sukses yang pekerjaan utamanya adalah hasil menekuni hobinya. Jadi, kamu bisa mengembangkan satu di antara hobi yang potensial di atas.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by