Sukses

Meskipun Ancam Operasional, April Group Tetap Dukung Pemindahan Ibu Kota

Lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) rupanya akan menempati lahan PT ITCI Hutani Manunggal (IHM).

Liputan6.com, Jakarta - Lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) rupanya akan menempati lahan PT ITCI Hutani Manunggal (IHM). Perusahaan tersebut pemasok stategis PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP), anak usaha APRIL Group yang juga masih bagian usaha dari Royal Golden Eagle (RGE) milik Sukanto Tanoto.

Lahan IHM tersebut merupakan kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang kepemilikannya bisa diambil oleh pemerintah. Adapun IHM yang telah beroperasi lebih dari 20 tahun di Kalimantan Timur.

Corporate Affairs Director APRIL Group Agung Laksamana mengatakan, pihaknya mendukung inisiasi pemerintah yang hendak memindahkan ibu kota meskipun akan memakan lahan yang menghasilkan sumber usahanya.

"Menurut informasi yang kami terima baru-baru ini, lokasi ibu kota baru akan berada di dalam area PT ITCI Hutani Manunggal (IHM). Kami mendukung rencana tersebut dan menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah," ujar dia dalam sebuah pernyataan tertulis, Jumat (20/9/2019).

Agung mengakui bahwa akan ada dampak pada kegiatan operasional perusahaan. Saat ini, pihaknya tengah mengukur dampak terkait rencana pemindahan ibu kota tersebut. "Namun, kami percaya pemerintah akan memberikan pertimbangan dan solusi terbaik dalam hal ini," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.