Jangan Benci Hari Senin! Lakukan Beberapa Hal Ini Agar Menyenangkan

Oleh Fitriana Monica Sari pada 29 Sep 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 01 Okt 2019, 19:13 WIB
Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Hari Senin merupakan awal dimulainya kembali segala aktivitas pekerjaan maupun kegiatan sekolah setelah libur akhir pekan.

Bagi sebagian orang, bertemu kembali dengan hari Senin terasa sebagai hal yang menjengkelkan. Efek liburan akhir pekan memang membuat kita jadi malas untuk bangkit dari nikmatnya sisa-sisa akhir pekan. Itulah mengapa hari Senin sering kali menjadi momok menakutkan bagi setiap orang.

Padahal tidak ada sesuatu hal yang perlu ditakutkan di hari tersebut. Jika Anda beranggapan demikian, bisa jadi karena Anda belum siap untuk memulai aktivitas kembali.

Tapi bukan hal yang tidak mungkin untuk Anda bersemangat di hari Senin, kan? Nah, agar hari Senin lebih bersemangat dan menyenangkan lakukan hal-hal berikut ini, seperti dikutip dari TunaiKita.

Hari Senin Lebih Menyenangkan dengan Hal-Hal Berikut Ini

1. Bangun Lebih Awal

Hari Senin adalah hari yang identik dengan hari produktif. Jika sebelumnya Anda bisa bermalas-malasan dan bangun lebih siang di akhir pekan, hindari hal tersebut di hari Senin.

Bangun lebih awal sangat membantu Anda untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat kerja. Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas lainnya seperti membuat sarapan atau berolahraga.

Bangun lebih awal dipercaya dapat membuat kepribadian seseorang lebih baik, karena badan akan terasa bugar setelah menghirup udara yang segar.

Selain itu, bangun pagi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri karena sudah mempersiapkan segala sesuatunya lebih lama ketimbang mereka yang bangun terlambat.

2. Siapkan Pakaian Favorit di Hari Senin

Memulai aktivitas di hari Senin memang terasa berat, akan ada banyak tugas menumpuk yang harus dikerjakan di kantor.

Untuk itu, agar mood di hari Senin tetap terjaga hal yang pertama harus dilakukan yaitu menyiapkan pakaian favorit untuk dipakai di hari Senin. Dengan memilih warna-warna yang cerah dengan model pakaian yang disuka. 

Tapi, jangan lupa juga untuk menyiapkan pakaian yang akan dipakai di hari Minggu. Hal ini penting dilakukan agar saat Senin pagi tiba, Anda tidak merasa bingung lagi memilih baju yang akan dipakai. Jika tidak, malah justru akan terburu-buru dan merusak mood nantinya.

2 of 5

3. Jangan Lupa Sarapan

Sarapan Pagi Breakfast
Ilustrasi Foto Sarapan (iStockphoto)

Hari Senin tidak akan menyenangkan jika membiarkan perut dalam keadaan kosong ketika ingin memulai aktivitas. Untuk itu, sarapan sangat penting untuk membuat mood tetap bagus selama seharian.

Anda bisa menyiapkan sarapan yang enak, sehat, dan bergizi. Tidak lupa dengan melengkapi asupan nutrisi yang baik juga, ya. Karena makanan seperti inilah yang diperlukan tubuh ketika akan memulai beraktivitas. Dengan begitu, stamina tetap terjaga dan lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas di hari Senin.

4. Mendengarkan Musik 

Ada pepatah yang mengatakan tanpa musik hidup akan terasa hampa. Agaknya pepatah tersebut benar adanya. Musik dipercaya dapat membuat pikiran menjadi tenang.

Nah, agar Senin lebih menyenangkan, mendengarkan musik selama perjalanan menuju kantor atau tempat beraktivitas lainnya bisa menjadi mood booster. Jangan lupa juga untuk memilih jenis musik yang tepat untuk didengarkan.

Jangan sampai mendengarkan musik yang salah justru akan membuat mood menjadi rusak. Maka, pilihlah musik yang memberikan energi dan semangat dalam menjalani hari. Musik tersebut juga bisa membangun mood untuk lebih baik.

Ketika mood baik, maka Anda akan lebih mudah mengerjakan berbagai tugas yang sudah menumpuk di kantor.

3 of 5

5. Berpikir Positif

Pikiran Positif
Mulai hari dengan pikiran dan kehidupan positif. (Ilustrasi: Success Consciousness)

Agar Senin lebih menyenangkan ada baiknya Anda mulai untuk berpikir positif. Singkirkan rasa benci dan bayangkan hal-hal menyenangkan yang akan datang hari ini.

Anda juga bisa memikirkan hari-hari berikutnya hingga akhir pekan nanti agar lebih semangat. 

6. Rencanakan Makan Siang Spesial

Hal yang bisa dilakukan selanjutnya agar hari Senin lebih menyenangkan, Anda bisa merencanakan makan siang spesial bersama teman kantor.

Dengan membuat rencana untuk makan siang yang spesial, hal ini tentunya dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih semangat dalam menyambut datangnya hari Senin. 

4 of 5

7. Perbanyak Senyum

Karir
Ilustrasi/copyright shutterstock

Sebelum hendak berangkat ke kantor, cobalah untuk selalu tersenyum. Tebarkan senyum indah Anda kepada orang-orang terkasih, seperti keluarga.

Ketika sesampainya di kantor, jangan lupa juga untuk tersenyum kepada atasan dan rekan kerja. Dengan tersenyum, Anda akan merasakan ketenangan dan kedamaian dalam diri.

Tersenyum juga dipercaya dapat menghilangkan satu masalah. Jadi, jangan ragu untuk tersenyum dan pancarkan aura positif di dalam diri untuk menyambut Senin agar lebih semangat.

8. Jangan Mengeluh

Tidak sedikit orang sering mengeluh untuk menghadapi kenyataan bahwa "Tomorrow is Monday." Kenyataannya, mengeluh tidak akan memberi perubahan apapun.

Untuk mengatasinya, usahakanlah untuk menyemangati diri sendiri dan orang-orang yang berada di sekeliling Anda. Berpikirlah tentang hal-hal positif yang kemungkinan akan terjadi di kantor dan jangan mengeluh, ya!

5 of 5

9. Komunikasi dengan Rekan Kerja

Lakukan 15 Hal Ini untuk Menyambut Usia 30an yang Lebih Baik
Bersikap baik dengan rekan kerja

Agar aktivitas pekerjaan lancar dan mood bagus selama hari Senin, jangan lupa untuk berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungan tempat Anda bekerja.

Jangan sampai Anda melewatkan waktu tanpa berkomunikasi sama sekali dengan mereka. Walaupun hanya sebatas obrolan ringan saja, namun hal ini akan membuat hari Senin jauh lebih baik. 

10. Buat Rencana Hangout Setelah Bekerja

Setelah melalui aktivitas yang sangat padat tersebut di hari Senin, tidak ada salahnya untuk memanjakan diri sejenak di penghujung hari. Anda bisa melakukannya sendiri atau pun bersama teman-teman kantor lainnya. Baik itu hanya sekadar memesan makanan ringan atau kopi di tempat-tempat hangout.

Tentunya ini akan membuat hari Senin terasa menyenangkan setelah seharian melakukan aktivitas. Setidaknya udara yang Anda hirup akan terasa lebih segar ketika beban pikiran berkurang setelah dihadapkan berbagai tugas bahkan deadline yang pendek.

Ubah 'I hate Monday' jadi 'I Love Monday'

Tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa hal di atas agar Senin pagi yang mungkin selama ini dianggap sebagai hari yang menyebalkan, terasa lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa setiap pekerjaan yang Anda lakukan lebih bermanfaat.

Ketika mensugesti diri dengan memberikan semangat di hari Senin, maka akan dengan mudah untuk membuat semangat di hari-hari berikutnya. Itulah mengapa diperlukan untuk selalu mencoba berpikir positif.

Saatnya ubah “I hate Monday” jadi “I love Monday”. Selamat beraktivitas!

Lanjutkan Membaca ↓