Sukses

Menteri PUPR Targetkan Tol Layang Cikampek Beroperasi November 2019

Menteri PUPR Basuki menuturkan, progres terakhir pengerjaan tol layang sepanjang 36,8 km ini telah mencapai 96,5 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated atau Tol Layang Jakarta-Cikampek II bisa mulai beroperasi penuh pada November 2019. Hal itu diutarakannya saat melakukan kunjungan kerja ke proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek II.

Turut hadir bersama Basuki, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, dan Direktur Utama PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono.

Dalam kunjungan tersebut, Basuki menuturkan, progres terakhir pengerjaan tol layang sepanjang 36,8 km ini telah mencapai 96,5 persen.

"Progresnya sudah 96,5 persen, tinggal hal yang kecil-kecil, semua sudah tersambung. Ini sudah diaspal, saya kira ini pekerjaan besar. Ini kira2 ada 9 ribu tiang pancang dibuat untuk jalan ini," jelasnya di atas proyek Tol Japek II Elevated, Cikunir, Bekasi, Kamis (19/9/2019).

Sebagai informasi, proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Alternatif

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II merupakan jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek maupun Bandung. Ruas tol ini juga dapat menunjang distribusi arus barang dan jasa, baik yang menuju maupun keluar Jakarta dari Jawa Barat, dan berlanjut dari atau ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Lebih lanjut, Menteri Basuki mengabarkan, dirinya telah mendapat informasi dari Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani selaku pihak pengelola tol, bahwa Jalan Tol Japek II Elevated bisa dioperasikan penuh pada November mendatang.

"Kalau di berita-berita ada kabar tol ini fungsional saat Natal (2019). Saya tanya Bu Desi, Natal fungsional? (Dia menjawab) Enggak pak. Jadi sekitar Oktober (fungsional) dan November mudah-mudahan bisa kita operasikan penuh," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.