Sukses

Ojek Lansia, Inovasi Antar Jemput Orang Tua ke Posyandu

Inovasi Ojek Lansia yang kemudian diinisiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka bertujuan menjemput lansia untuk datang ke posyandu.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan ojek selama ini dikenal sebagai sarana transportasi yang digunakan untuk berpergian. Namun, hal berbeda coba dilakukan masyarakat Desa Penagan di Kabupaten Bangka, yang menambah fungsi ojek sebagai layanan penjemputan lansia untuk berobat.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan, inovasi Ojek Lansia yang kemudian diinisiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka bertujuan menjemput lansia untuk datang ke posyandu dan mengantarkan kembali pulang setelah mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Kita menyediakan Ojek Lansia, ini pelayanan kami kepada masyarakat karena kesadaran masyarakat untuk datang berobat sangat susah. Dengan adanya ini, kita bisa menjemput masyarakat yang sudah tua dan kurang mampu berjalan," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Kamis (19/9/2019).

Lansia di Desa Penagan yang sebelumnya tidak pernah atau jarang datang ke posyandu kemudian menjadi rutin berobat ke sana setiap bulannya berkat layanan ini. Sebagai catatan, inovasi tersebut berhasil meningkatkan kunjungan posyandu lansia di Desa Penagan, yang pada 2017 hanya 65,47 persen menjadi 84,29 persen di 2018.

"Kendaraan roda dua dari kader-kader kesehatan menjadi kendaraan andalan ketika tidak tersedianya angkutan kota dan ojek di Desa Penagan. Selain karena minimnya sarana transportasi, motor dipilih lantaran untuk mendatangi rumah lansia perlu menyusuri badan jalan yang sempit," tuturnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kendala

Mulkan mengakui, bahwa masih terdapat beberapa kendala yang harus dihadapi dalam implementasi inovasi Ojek Lansia ini. "Kendalanya karena membutuhkan biaya transportasi kepada para ojek," sebutnya.

Meski begitu, ia menuturkan, biaya operasional Ojek Lansia dapat ditangani dengan sumber daya keuangan yang berasal dari uang kas lansia, dana puskesmas, serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Adapun inovasi ini merupakan replikasi dari terobosan yang menggunakan media serupa, salah satunya adalah inovasi Ojek Makanan Balita (Omaba) dari Kota Bandung. Omaba merupakan transportasi yang digunakan oleh para kader kesehatan di Kota Bandung untuk mengantarkan makanan bergizi kepada balita yang mengalami masalah gizi.

 

3 dari 3 halaman

Replikasi

Lebih lanjut, Mulkan berharap, daerah-daerah lainnya mampu mereplikasi inovasi Ojek Lansia demi mewunudkan pelayanan kesehatan yang efektif dan tepat sasaran.

"Inovasi Ojek Lansia dapat dengan mudah direplikasi oleh desa, puskesmas, maupun pelayanan publik lain yang memiliki masalah kesulitan akses karena keadaan terpencil, terutama terkait pelayanan lansia," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.