Bareksa dan Kontan Beri Penghargaan untuk Reksa Dana Terbaik

Oleh Liputan6.com pada 18 Sep 2019, 21:40 WIB
Bareksa bersama Kontan kembali menyelenggarakan penghargaan tahunan kepada pelaku industri reksa dana bertajuk Bareksa-Kontan 3rd Fund Awards 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Bareksa bersama Kontan kembali menyelenggarakan penghargaan tahunan kepada pelaku industri reksa dana bertajuk Bareksa-Kontan 3rd Fund Awards 2019. Ajang penghargaan tahunan ini merupakan kali ketiganya setelah Bareksa dan Kontan berkolaborasi memberikan apresiasi kepada perusahaan manajemen investasi dan produk-produk reksa dana terbaik sejak tahun 2017.

Tahun ini ada penambahan kategori produk reksa dana baru yakni kategori best impact fund, di mana penghargaan ini diberikan kepada reksa dana yang memberikan sebagian keuntungan aset untuk kepentingan sosial maupun lingkungan.

Hal ini untuk mengedukasi masyarakat bahwa berinvestasi reksa dana tidak hanya berpotensi mensejahterakan diri sendiri tetapi juga dapat bermanfaat dalam ruang lingkup sosial dan lingkungan.

Produk-produk reksa dana yang diseleksi dan dipilih menjadi terbaik dalam ajang bergengsi ini adalah produk yang tidak hanya dijual melalui bank, namun juga melalui berbagai lembaga yang telah mendapatkan izin sebagai agen penjual reksa dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan.

Kriteria pemilihan produk ini mempertimbangkan produk reksa dana tersebut harus dijangkau oleh masyarakat luas secara ritel, bukan hanya oleh investor institusi.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, terdapat 27 kategori produk reksa dana terbaik dan 1 kategori best impact fund, delapan kategori manajer investasi jawara dan satu orang tokoh paling bepengaruh di industri reksa dana. Secara total ada 63 penghargaan gold dan silver yang diberikan tahun ini untuk semua kategori, termasuk produk reksa dana konvensional dan syariah.

Rinciannya, penghargaan diberikan kepada delapan manajer investasi terbaik, 14 produk reksa dana pasar uang, 13 reksa dana pendapatan tetap, 12 reksa dana campuran, 14 reksa dana saham, satu best impact fund, serta seorang tokoh reksa dana.

Jumlah kategori penghargaan tahun ini bertambah atau lebih banyak dibandingkan tahun lalu 26 kategori produk reksadana, 6 kategori manajer investasi, serta 1 tokoh reksa dana.

 

2 of 4

Pertama Kali

Bareksa bersama Kontan kembali menyelenggarakan penghargaan tahunan kepada pelaku industri reksa dana bertajuk Bareksa-Kontan 3rd Fund Awards 2019.
Bareksa bersama Kontan kembali menyelenggarakan penghargaan tahunan kepada pelaku industri reksa dana bertajuk Bareksa-Kontan 3rd Fund Awards 2019.

Co-Founder & CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, menyatakan penghargaan produk reksa dana dengan menekankan faktor ritel ini merupakan pertama kalinya di Indonesia. Upaya itu guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan berinvestasi reksa dana bagi masyarakat.

“Sekarang, dunia keuangan kita bergerak ke kutub lain yakni jumlah nasabah ritel melonjak signifikan seiring penetrasi internet di Indonesia,” ungkap Karaniya.

Direktur dan Pemimpin Redaksi Kontan, Ardian Taufik Gesuri mengatakan sebagai bagian dari media besar Grup Kompas dan Bareksa sebagai marketplace investasi dan keuangan, penyelenggaraan acara ini untuk meningkatkan kesadaran investor maupun calon investor terhadap instrumen investasi reksa dana, khususnya investor ritel.

“Proses penilaian atas penghargaan ini lebih menitikberatkan pada kemampuan produk reksa dana memberikan imbal hasil dan kinerja yang baik serta berkelanjutan dalam jangka panjang,” ujarnya.

 

3 of 4

Reksa Dana

Pasar saham Indonesia naik 23,09 poin
Pekerja mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan Sekuritas, Jakarta, Rabu (14/11). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil bertahan di zona hijau pada penutupan perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk diketahui, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by