Sukses

Kilang Arab Saudi Diserang Drone, Sri Mulyani Waspadai Kenaikan Harga Minyak

Sri Mulyani melanjutkan, selama ini asumsi harga minyak dalam negeri memang lebih rendah dari minyak dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak melonjak mencapai level tertinggi sejak Mei pada perdagangan Senin kemarin. Hal tersebut terjadi di tengah kekhawatiran gangguan pasokan menyusul serangan pesawta tanpa awak terhadap fasilitas minyak Arab Saudi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mewaspadai pengaruh kenaikan harga minyak dunia tersebut terhadap Indonesia. Dia menyebut, pemerintah terus mencermati kondisi politik yang saat ini terjadi antara Amerika Serikat (AS), Iran dan Arab Saudi.

"Kami belum tahu nanti akan seperti apa, karena ini akan merupakan sesuatu yang akan kita lihat reaksinya dari Saudi, dari Amerika Serikat, Iran, dan segala macam yang merupakan suatu kombinasi. Yang tidak hanya akan punya sentimen tapi betul-betul konstelasi politik dan keamanan. Jadi itu yang akan menjadi fokus kami," ujarnya di Kemenkeu, Jakarta, Selasa (16/9/2019).

Sri Mulyani melanjutkan, selama ini asumsi harga minyak dalam negeri memang lebih rendah dari minyak dunia. Secara jangka pendek hal tersebut akan menjadi upaya untuk mengatasi pengaruh kenaikan minyak dunia.

"Kalau dilihat dari APBN asumsi selama ini kan malah lebih rendah. Kami melihat bahwa, pertama kalau koreksi yang sifatnya jangka pendek mungkin masih bisa akan terabsorb," jelasnya.

Meski demikian, pemerintah akan terus melihat perkembangan kondisi politik dan keamanan di setiap negara penghasil minyak tersebut untuk jangka panjang. "Yang harus kita perhatikan mungkin lebih kepada dampak jangka menengah panjang, yaitu dinamika stabilitas keamanan dan politik di Timur Tengah," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Minyak Melonjak Imbas Serangan Drone ke Kilang Arab Saudi

Serangan drone yang menghantam kilang minyak di Arab Saudi akhir pekan lalu membuat negara tersebut terpaksa kehilangan pasokan minyak.

Insiden yang membuat 50 persen pasokan minyak negara tersebut terhenti itu mau tak mau berdampak pada harga minyak dunia. Mengutip Reuters, Senin (16/09/2019), harga minyak sempat melonjak belasan persen, bahkan mencapai titik tertinggi sejak Mei. 

Dilaporkan, harga minyak jenis Brent berjangka sempat naik hingga 19 persen menjadi USD 71,95 per barel, tertinggi sejak 14 Januari 1991. Sedangkan untuk harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) sempat naik 15 persen ke level tertinggi di angka USD 63,34 per barel, tertinggi sejak 22 Juni 1998.

Hingga pukul 09.40 waktu setempat, harga minyak Brent berada di posisi USD 65,77 per barel, naik 8,4 persen dari posisi sebelumnya.

Begitu pula dengan harga minyak mentah WTI yang melonjak ke posisi USD 59,54, naik 7,88 persen dari posisi sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.