Peringati Hari Perhubungan Nasional, Menhub Ajak Stakeholder Bersinergi

Oleh Bawono Yadika pada 17 Sep 2019, 10:45 WIB
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini merayakan upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (HarHubNas) 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019 pada Selasa ini Berdasarkan pantauan Liputan6.com, HarHubNas 2019 diagendakan mulai pada pukul 07.30 WIB. Gedung Kemenhub pun telah ramai sejak pukul 07.00 WIB.

Seluruh pegawai Kementerian Perhubungan beserta stakeholder telah rapih berbaris melaksanakan upacara. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terlihat menjadi pembina upacara Harhubnas 2019 ini.

"Dengan puji dan syukur atas limpahan karunianya pada hari istimewa ini kita berkumpul untuk laksanakan upacara bendera yang kita peringati sebagai Harhubnas," tuturnya di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

"Makna mendalam untuk intropeksi di sektor kemenhub. Keragaman dan perbedaan, tugas-tugas pelosok atas insan perhubungan dan tugas-tugas mulia untuk memajukan sektor pariwisata prioritas," lanjut dia.

Menhub melanjutkan, HarHubNas harus direfleksikan sebagai momentum mengabdi, rasa bangga, dan kebersamaan bagi insan kementerian perhubungan.

"Bersama-sama secara nyata seluruh stakeholder untuk sinergi keselamatan pengguna transportasi di Indonesia. Sektor perhubungan memiliki peranan yang sangat strategis dalam kehidupan bernegara. Ini merupakan bagian upaya tingkatkan kesejahteraan bangsa dan berikan layanan terbaik bagi bangsa Indonesia. Dalam rangka Harhubnas 2019 terselenggara seminar, pameran dan berbagai perlombaan dengan harapan munculkan rasa kebersamaan, bangga dalam kehidupan kita sehari-hari," ujarnya.

2 of 3

Menhub Kenang Jasa BJ Habibie di Hari Perhubungan Nasional

Tokoh Nasional Terus Berdatangan ke Rumah Duka BJ Habibie
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tiba di rumah duka Presiden ke-3 RI BJ Habibie di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Sejumlah tokoh nasional terus berdatangan ke rumah duka atas meninggalnya BJ Habibie. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenang sosok dan jasa Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie di sektor transportasi, khususnya industri penerbangan.

"Begitu banyak jasa beliau bagi bangsa Indonesia, khususnya perkembangan industri transportasi kereta api, pesawat. Saya mengutip satu di antara quote beliau, 'Di mana pun engkau berada, teruslah menjadi yang terbaik, dan berikan yang terbaik dari yang telah kau berikan'," kata Menteri Budi Karya pada pembukaan Indotrans Expo 2019 di JCC Senayan, Jakarta dikutip dari Antara, Jumat (13/9/2019). 

Budi Karya menjelaskan bahwa kutipan BJ Habibie tersebut menjadi semangat dan tauladan bagi insan perhubungan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi Bangsa Indonesia, tanpa peduli usia dan di mana pun berada.

Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie yang dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia itu telah berkontribusi dalam kemajuan transportasi, khususnya dalam inovasi bidang penerbangan.

Pencipta Pesawat N-250 yang menjadi cikal bakal berdirinya PT Dirgantara Indonesia itu mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9), pukul 18.05 WIB, di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Pameran Transportasi yang digelar selama tiga hari, 13-15 September 2019, dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yang kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓