Peringati Hari Perhubungan Nasional, KCN Lakukan Kegiatan Bersih Pantai

Oleh Septian Deny pada 16 Sep 2019, 20:25 WIB
Diperbarui 18 Sep 2019, 20:13 WIB
Kerjasama Indonesia Korea, Dari Sampah Plastik Hingga Budaya

Liputan6.com, Jakarta - PT Karya Citra Nusantara (KCN) menunjukan komitmennya terhadap lingkungan dan masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan melakukan kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai di sekitar Pelabuhan Marunda.

Kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai sendiri dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional. Peserta kegiatan bersih-bersih ini berasal dari unsur KSOP Marunda, karyawan pelabuhan, Polri, TNI, nelayan, dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP).

Direktur Utama KCN, Widodo Setiadi mengatakan, manajeman KCN sangat senang dapat mendukung  program menjaga lingkungan milik pemerintah yang berjudul Gerakan Bersih Laut dan Pantai.

“Gerakan Bersih Laut dan Pantai sejalan dengan semangat kami dalam mengelola pelabuhan. Kami sangat serius dalam menciptakan pelabuhan yang bersih dan nyaman serta jauh dari kesan kumuh. Komitmen ini sudah tercantum dalam konsep Green Port yang telah kami canangkan semenjak awal," kata Widodo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Tidak hanya itu, secara rutin, KCN melakukan penyemprotan dan pembersihan dermaga setiap 2 minggu sekali agar debu yang dapat mengganggu lingkungan hilang. Selain itu, kebersihan parit pembuangan juga terus diperhatikan sehingga tidak akan terjadi penyumbatan yang dapat mengakibatkan banjir.

KCN saat ini juga sedang menjajaki kerja sama dengan salah satu perguruan tinggi yang kredibel di bidang lingkungan untuk membangun pelabuhan dengan konsep green port.

Bahkan menurut Widodo, KCN telah membentuk tim khusus untuk mempercepat pembangunan mini forest di wilayah pelabuhan dalam rangka menciptakan pelabuhan yang ramah lingkungan.

“ Tim khusus lingkungan sudah mulai bekerja dan sudah memiliki rencana aksi untuk mewujudkan komitmen kami terhadap lingkungan. Kami juga akan mengajak seluruh pemangku kepentingan terutama yang berada di wilayah Marunda untuk bekerja sama dalam membuat pelabuhan Marunda menjadi pelabuhan yang ramah lingkungan,“ tutup Widodo.

2 of 4

Menhub Kenang Jasa BJ Habibie di Hari Perhubungan Nasional

Tokoh Nasional Terus Berdatangan ke Rumah Duka BJ Habibie
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tiba di rumah duka Presiden ke-3 RI BJ Habibie di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Sejumlah tokoh nasional terus berdatangan ke rumah duka atas meninggalnya BJ Habibie. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenang sosok dan jasa Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie di sektor transportasi, khususnya industri penerbangan.

"Begitu banyak jasa beliau bagi bangsa Indonesia, khususnya perkembangan industri transportasi kereta api, pesawat. Saya mengutip satu di antara quote beliau, 'Di mana pun engkau berada, teruslah menjadi yang terbaik, dan berikan yang terbaik dari yang telah kau berikan'," kata Menteri Budi Karya pada pembukaan Indotrans Expo 2019 di JCC Senayan, Jakarta dikutip dari Antara, Jumat (13/9/2019).

 Budi Karya menjelaskan bahwa kutipan BJ Habibie tersebut menjadi semangat dan tauladan bagi insan perhubungan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi Bangsa Indonesia, tanpa peduli usia dan di mana pun berada.

Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie yang dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia itu telah berkontribusi dalam kemajuan transportasi, khususnya dalam inovasi bidang penerbangan.

Pencipta Pesawat N-250 yang menjadi cikal bakal berdirinya PT Dirgantara Indonesia itu mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9), pukul 18.05 WIB, di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Pameran Transportasi yang digelar selama tiga hari, 13-15 September 2019, dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yang kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

3 of 4

Indotrans Expo 2019

Menhub Budi Karya Hadiri Peluncuran Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan serta pengarahan saat Launching Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia (PADI) di Gedung Inkoppol, Jakarta, Senin (7/1). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Indotrans Expo 2019 digelar untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional yang pada 2019 mengambil tema "Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan, Untuk Indonesia Unggul, Indonesia Maju".

Budi Karya menargetkan setidaknya 30.000 pengunjung hadir dalam pameran selama tiga hari ini.

Ia berharap pada Hari Perhubungan Nasional 2019, Kemenhub dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) agar transportasi di Indonesia lebih nyaman, aman dan selamat.

"Kegiatan Indotrans Expo ini juga untuk memberikan informasi kepada masyarakat soal perkembangan infrastruktur, sarana dan prasarana, dan sumber daya manusia dalam sektor transportasi di Indonesia," kata Budi Karya.

Dalam momentum kegiatan Hari Perhubungan Nasional tahun ini, Kemenhub bekerja sama dengan stakeholder sektor transportasi menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti : Perhubungan Mengajar, Bersih-Bersih Laut dan Pantai, Sosialisasi Transportasi Ramah Disabilitas, Lomba Vlogger dan Fotografi dengan tema transportasi.

Masyarakat pun diharapkan dapat mengunjungi acara ini untuk mengetahui informasi tentang banyak hal yang sudah dikerjakan para insan perhubungan. Selain itu, ada banyak penawaran menarik dari masing-masing booth peserta pameran Indotrans 2019, salah satunya PT KAI yang memberikan diskon pembelian tiket KA hingga 20 persen.

   

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓