Hobi Koleksi Tas, Tips Kelola Keuangan agar Tak Jebol

Oleh Fitriana Monica Sari pada 20 Sep 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 22 Sep 2019, 04:13 WIB
Tas

Liputan6.com, Jakarta Hobi mengoleksi barang tentu menjadi hal sangat lazim, terutama bagi kaum hawa yang pada dasarnya senang belanja.

Hobi satu ini akan membutuhkan bujet khusus, apalagi jika yang Anda koleksi termasuk produk-produk mahal seperti tas dan lainnya.

Tas jadi salah satu satu item fesyen yang paling disukai banyak orang dan selalu menjadi pelengkap penampilan dalam berbagai kesempatan. Lalu, apakah kondisi keuangan Anda selama ini tetap aman selama menikmati hobi satu ini?

Harga tas terbilang sangat beragam, mulai dari harga ratusan ribu hingga yang ratusan juta juga bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Jika Anda termasuk hobi mengoleksi tas-tas ini, tentu terbiasa mengeluarkan sejumlah bujet khusus untuk mengoleksi tas Anda.

Hal ini tentu perlu dilakukan dengan cara tepat, terutama jika Anda termasuk orang yang suka mengoleksi tas-tas dengan harga cukup mahal. Jangan sampai kondisi keuangan terganggu, hanya karena Anda tidak bisa menyesuaikan kondisi keuangan dengan hobi Anda tersebut.

Jadi, jika ternyata Anda memang hobi mengoleksi tas, begini cara mengatur keuangannya agar hobi tak membuat finansial kedodoran, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Susun Anggaran Keuangan dengan Tepat

Apapun keinginan belanja yang akan dilakukan, pastikan selalu mengawalinya dengan sebuah rencana matang.

Penting untuk selalu memiliki aggaran keuangan yang tepat, di mana berbagai kebutuhan Anda bisa dipenuhi dengan baik di dalamnya.

Susunlah anggaran keuangan Anda dengan baik dan sesuai kondisi finansial Anda.

Selalu prioritaskan berbagai kebutuhan pokok terlebih dahulu, sebelum akhirnya Anda memasukkan berbagai kebutuhan tambahan lainnya seperti hobi mengoleksi tas ini.

Alokasikan dana dalam jumlah yang tepat dan proporsional. Sehingga hobi Anda ini tak menganggu kondisi keuangan Anda.

2 of 4

2. Patuhi Anggaran dan Buatlah Pengingat

Ilustrasi memegang ponsel
Bosan dengan Hape Lama tapi Tak Punya Uang untuk Beli yang Baru? Coba Ikuti Tips Ini Agar Hape Lama Terus Terasa Baru

Jangan hanya disusun saja, Anda juga wajib mematuhi anggaran keuangan yang dimiliki tersebut. Jalankan angggaran keuangan Anda dengan disiplin dan hindari berbagai masalah di dalam keuangan akibat penggunaan anggaran yang tidak sesuai rencana.

Jangan lupa untuk membuat reminder yang akan memudahkan Anda mengingat dan menghitung kembali berbagai pengeluaran yang sudah dilakukan. Caranya, catat pengeluaran, bahkan bisa menggunakan aplikasi khusus yang saat ini sudah mudah ditemukan pada smartphone.

3. Lakukan Evaluasi Berkala

Tidak mudah untuk selalu mematuhi anggaran keuangan yang telah dibuat. Apalagi jika Anda memiliki hobi untuk mengoleksi tas seperti ini.

Berbagai godaan promo, diskon, model tas terbaru dan lainnya, sangat mungkin membuat Anda membelanjakan lebih banyak uang di luar anggaran keuangan yang telah disusun sebelumnya. 

Untuk menghindari berbagai masalah seperti ini, pastikan Anda selalu melakukan evaluasi secara berkala di dalam keuangan Anda. Sehingga Anda bisa memastikan bahwa anggaran tersebut benar-benar dijalankan sesuai rencana sebelumnya.

Evaluasi juga akan dibutuhkan untuk menyesuaikan kembali anggaran dengan berbagai kebutuhan dan pengeluaran yang baru di dalam keuangan. 

3 of 4

4. Jadikan Hobi sebagai Investasi

Chanel
Tas ini adalah jawaban bagi wanita yang ingin tampil gaya sekaligus berinvestasi. Sumber: Marieclaire.co.uk.

Siapa bilang hobi tidak bisa menghasilkan? Jika Anda bijak, maka hobi Anda mengoleksi tas juga bisa mendatangkan sejumlah keuntungan di dalam keuangan.

Jika Anda hobi mengoleksi tas mahal yang kelak akan memiliki nilai jual lebih tinggi di kemudian hari, maka Anda tentu hanya perlu merawat koleksi tas Anda hingga kelak dijual kembali.

Selain itu, Anda juga bisa membuka layanan jasa penyewaan tas, di mana Anda menyewakan berbagai koleksi tas Anda dan mendapatkan sejumlah uang dari aktivitas tersebut. Dengan cara-cara seperti ini, koleksi tas Anda tentu bisa menghasilkan sejumlah uang. 

5. Jeli Pilih dan Membedakan Kebutuhan atau Keinginan

Meski Anda memiliki hobi mengoleksi tas, bukan berarti Anda harus membeli berbagai tas keluaran terbaru yang sedang tren di pasaran. Pastikan Anda selalu jeli dalam memilih jenis tas yang akan dibeli, termasuk mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti: modelnya, bahan baku, warna, dan lainnya.

Selain itu, bedakan juga antara keinginan dan kebutuhan Anda akan produk yang satu ini dengan baik, sehingga Anda bisa membeli tas dengan cara lebih bijak. 

4 of 4

6. Punya Dana Khusus untuk Hobi

banner infografis gaji pns dki
Ilustrasi Gaji

Bagi Anda yang mudah tergoda dan kerap mengambil keputusan cepat untuk membeli tas, perlu menyiasati hal ini dengan cara memiliki anggaran khusus di dalam keuangan. Tetapkan dan siapkan sejumlah dana yang memang khusus untuk hobi Anda tersebut.

Sehingga tidak mengganggu dana lain dalam anggaran keuangan Anda. Guna memaksimalkan jumlah dana khusus tersebut, Anda bisa mencari penghasilan tambahan atau bahkan memangkas biaya untuk hobi Anda yang lainnya, seperti menonton atau bahkan travelling

Menikmati Hobi Tanpa Menganggu Keuangan

Bagi Anda yang hobi mengoleksi tas, pastikan selalu memiliki anggaran tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Hal ini penting, untuk memastikan jika hobi Anda tersebut tidak membuat kondisi keuangan bermasalah atau bahkan menjadi buruk sepanjang waktu.

Nikmati hobi Anda dengan cara yang bijak dan menyenangkan, tanpa mengganggu keuangan serta berbagai kebutuhan pokok lainnya di dalam kehidupan Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by