Kalau Punya Sifat ini, Anda Tak Cocok Jadi Pekerja Lepas

Oleh Fitriana Monica Sari pada 18 Sep 2019, 08:30 WIB
ilustrasi freelancer

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang freelancer beberapa tahun terakhir ditekuni cukup banyak orang, terutama oleh mereka yang mudah bosan dengan rutinitas kerja yang itu-itu saja setiap harinya. Pekerjaan yang satu ini semakin berkembang pesat seiring makin canggihnya teknologi informasi belakangan ini.

Akses internet yang lebih mudah dan murah memungkinkan banyak orang untuk bekerja dari mana saja dan kapan saja mereka mau. Ada banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan mudah dari rumah.

Sehingga peluang untuk meraih kesuksesan dengan menjadi seorang freelancer juga semakin terbuka dengan luas. Namun sama halnya dengan jenis karier lainnya, freelancer juga akan memiliki tantangan tersendiri bagi yang menjalaninya.

Tak semua orang cocok menjadi freelancer, bahkan meski Anda sudah berkecimpung cukup lama dalam bidang yang satu ini. Freelancer memiliki keunikan tersendiri, di mana Anda akan dituntut untuk bisa bekerja secara konsisten dan menyelesaikan semua tugas-tugas tanpa perintah atau bahkan pengawasan dari seseorang (atasan).

Sebagaimana seorang pebisnis, Anda akan mengelola semua pekerjaan dan juga mengupayakan penghasilan yang akan Anda dapatkan dari pekerjaan tersebut. Lalu, siapkah Anda untuk kondisi yang seperti ini?

Jika tak semua orang bisa jadi seorang freelancer, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda cocok jadi freelancer? Intip sifat-sifat yang tidak cocok jadi freelancer, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tidak Disiplin dan Sulit Mengatur Waktu

Saat menjadi freelancer, maka Anda akan bekerja sendiri tanpa pengawasan seseorang, bahkan pengawasan klien sekalipun. Hal ini akan menjadi sebuah tantangan yang berat, jika ternyata Anda termasuk orang yang tidak disiplin dalam bekerja.

Anda akan sulit mengatur waktu kerja dan mematuhinya, sehingga berbagai pekerjaan yang ditangani bisa saja berantakan dan tidak selesai sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati. Jika kondisi seperti ini terjadi, karier Anda sebagai freelancer tantu tidak akan berjalan dengan mulus. 

2 of 4

2. Bukan Tipe Orang yang Aktif dan Cakap

Malas
Ilustrasi bermalas-malasan (iStockphoto)

Menjadi pribadi yang aktif dan cakap merupakan syarat sukses untuk bekerja sebagai freelancer. Pekerjaan tidak akan datang sendiri tanpa Anda upayakan, sehingga Anda harus selalu aktif untuk mencari dan menemukannya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Namun jika ternyata Anda adalah sosok yang pasif dan tidak terbiasa melakukan banyak hal dengan keahlian yang Anda miliki sekarang, maka berbagai peluang pekerjaan ini tentu tidak akan bisa Anda dapatkan. 

3. Menginginkan Hasil yang Instan

Seperti seorang pebisnis, freelancer juga harus bekerja keras untuk bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tidak ada yang mudah, apalagi yang instan.

Jika Anda termasuk orang yang sering menginginkan hasil instan dan cepat, maka pilihan untuk menjadi freelancer tentu tidak akan cocok untuk Anda. 

3 of 4

4. Mengharapkan Gaji Tetap

banner infografis gaji pns dki
Ilustrasi Gaji

Penghasilan menjadi salah satu pembeda antara pekerja kantoran dengan seorang freelancer. Seorang freelancer akan memiliki kesempatan yang luas untuk mendapatkan penghasilan yang besar, namun juga tidak tertutup kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan yang kecil atau bahkan tidak ada sama sekali.

Penghasilan seorang freelancer tidak akan bisa diprediksi dan tentunya tidak tetap setiap bulannya. Jika Anda termasuk orang yang mengharapkan penghasilan tetap setiap bulan, maka Anda tidak seharusnya bekerja sebagai seorang freelancer

5. Tidak Nyaman dengan Perubahan

Bekerja menjadi seorang freelancer akan membawa Anda kepada banyak perubahan dan juga perkembangan, baik itu terkait dengan berbagai proyek yang Anda tangani ataupun dalam seluk beluk freelancer itu sendiri.

Bagi Anda yang tidak merasa nyaman dengan berbagai perubahan seperti ini, maka pilihan untuk menjadi freelancer bukanlah keputusan yang bijak untuk Anda. 

4 of 4

6. Menginginkan Uang Pensiun

Ilustrasi dana pensiun.
Ilustrasi dana pensiun (ncsl.org).

Pegawai kantoran identik dengan sejumlah uang pensiun di masa tua mereka, di mana biasanya uang pensiun ini terbilang cukup besar dan bisa diandalkan untuk bekal masa tua nanti. Di dalam freelancer, Anda tidak akan mendapatkan jaminan masa tua yang seperti ini, sebab Anda bekerja sendiri.

Jika selama ini Anda termasuk orang yang menginginkan sejumlah dana pensiun ketika sudah berhenti bekerja nanti, maka bekerja sebagai freelancer tentu bukanlah pilihan yang tepat untuk Anda. 

7. Tidak Betah Bekerja Sendiri

Freelancer pada umumnya bekerja sendiri dan membutuhan area yang tenang dan nyaman untuk menyelesaikan berbagai pekerjaannya. Namun jika Anda termasuk orang yang suka keramaian dan tidak betah bekerja sendiri, maka hal tersebut tentu akan sulit dilakukan.

Berbagai pekerjaan Anda tidak akan selesai tepat waktu, sebab Anda sulit untuk berkonsentrasi dan bekerja secara maksimal.

Kenali Cirinya dengan Baik dan Segera Ambil Keputusan

Menjadi freelancer mungkin memberikan banyak keuntungan dan juga kemudahan dalam bekerja. Namun tidak semua orang cocok menjalani karier yang satu ini, terutama untuk Anda yang pada dasarnya tidak bisa mengelola waktu dengan baik.

Kenali berbagai ciri yang menunjukkan kecocokan Anda dengan karier freelancer ini dengan baik, sehingga Anda bisa mengambil keputusan terkait dengan pilihan karier Anda ke depannya.

Lanjutkan Membaca ↓