4 Cara Ubah Sampah Jadi Uang

Oleh Liputan6.com pada 17 Sep 2019, 06:00 WIB
Botol plastik

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan uang tunai adalah hal yang paling disenangi kebanyakan orang. Apalagi mendapatkan uang tunai dari hasil sampah yang tidak digunakan. Mulai dari make up bekas hingga gulungan tisu toilet dapat dijadikan uang.

Selain sampah yang ada di rumah berkurang, rumah Anda juga dapat terlihat lebih rapi dengan berkurangnya barang-barang yang tidak Anda butuhkan dan inginkan lagi.

Dilansir dari The Sun berikut adalah cara untuk mengubah sampah menjadi uang tunai:

1. Jual make-up lama

Riasan bisa saja mahal tapi Anda dapat mendapatkan kembali uang-uang tersebut dengan mengembalikan wadah kosong. Salah satu brand yang terdapat di Indonesia, yaitu Body Shop, di mana bagi penggunanya akan mendapatkan imbalan ketika mengembalikan lima botol kosong setelah Anda gunakan.

Tidak hanya untuk brand tersebut, tapi beberapa brand lainnya juga menerapkan hal yang sejenis.

2 of 4

2. Jual karton tisu toilet

Tisu Toilet
Pemasangan tisu toilet "under". (Creative Commons)

Tabung-tabung tisu toilet bekas sebenarnya dapat dijual dan bernilai uang jika Anda kumpulkan hingga banyak. Tidak hanya di Indonesia, tapi menurut laman web Martin Lewis mengatakan bahwa ia menemukan tabung tisu toilet dapat terjual seberat 14 kilogram.

Modern Survival Blog juga mengatakan rata-rata orang menggunakan antara satu dan dua gulungan toilet tisu dalam seminggu dan bahkan bisa jadi lebih.

3. Menjual botol plastik bekas

Ini adalah hal yang tidak asing lagi, sebab sudah banyak orang yang mengumpulkan botol bekas untuk ditukarkan dengan sembako atau dapat dijual begitu saja.

Di Islandia sendiri orang yang menjual botol bekasnya dalam jumlah yang banyak dapat menghasilkan 5.20 pound atau Rp 89 ribu (1 GBP = Rp 17.205)

Selain mengurangi sampah, menjual botol plastik bekas juga dapat menghasilkan uang. Walaupun botol plastik bekas dapat menghsilkan uang, lebih baik kurangi penggunaan botol plastik untuk melestarikan lingkungan.

3 of 4

4. Jual barang elektronik bekas

Ilustrasi televisi (iStock)
Ilustrasi televisi (iStock)

Jika Anda memiliki ponsel yang sudah lama tidak digunakan, ponsel tersebut dapat dijual dan menghasilkan uang. Walaupun harga jual tidak sebanding dengan harga Anda membeli ponsel itu, tetap saja ponsel bekas dapat menghasilkan uang jika dijual.

Tidak hanya ponsel, Anda juga dapat menjual barang elektronik bekas lainnya. Seperti laptop, komputer, dan lain-lain.

 

Reporter: Chrismonica

4 of 4

Saksikan video di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓