Sukses

Menteri Jonan Minta Pelaku Industri Gunakan PLTS

Menteri ESDM Ignasius Jonan meminta para pengusaha untuk menggunakan PLTS

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mendorong sektor industri menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS untuk memenuhi kebutuhan listriknya, ini upaya mendorong pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, tenaga matahari merupakan sumber energi yang gratis dan mudah untuk mendapatkannya.

"Yang punya matahari siapa? nggak ada, jadi impor (dari luar bumi), kita impor tapi gratis," kata Jonan, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Dengan mudahnya mendapat energi matahari‎ yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik, maka dirinya mendorong pembangunan PLTS di area industri, hal ini merupakan lanjutan dari kebijakan pembangunan PLTS di atap gedung.

"Makanya saya sangat dorong pembangunan pembangkit listrik tenaga surya yang diatap-atap itu, ini sekarang kita menyesuaikan bikin peraturan yang kondusif supaya industri mau membangun PLTS," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sesuai Arahan Jokowi

Menurut Jonan, hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong memperbanyak pembangunan PLTS untuk mengurangi polusi udara, untuk menunjang pembangunan PLTS di fasilitas industri Jonan akan menerbitkan peraturan baru.

"Ini arahan presiden harus bangun banyak lho, supaya mengurangi polusi dansebagainya,‎ dalam peraturan menteri, kita meneysuaikan peraturan bahwa supya industri mau memasang PLTS," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.