Menteri Susi Minta Bank Beri Bunga Rendah ke UMKM Sektor Perikanan

Oleh Liputan6.com pada 12 Sep 2019, 15:12 WIB
Diperbarui 12 Sep 2019, 15:17 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di 3rd Bali Tuna Conference (Dok Foto: Humas KKP)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta sektor perbankan menunjukkan keberpihakan kepada pelaku UMKM sektor perikanan. Dengan demikian UMKM perikanan dapat lebih menggeliat.

"Saya juga mohon perbankan di Indonesia juga mulai memberikan keberpihakannya," kata dia, di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Sebab, tegas dia, tanpa adanya dukungan dari perbankan, tentu akan sangat sulit bagi pelaku UMKM perikanan untuk mengakses modal dan mengembangkan usaha mereka.

"Tanpa afirmative policy dari kita yang kecil tidak mungkin naik cepat untuk bisa mensejajarkannya lebih kompetitif. Lebih punya kemampuan," tegas dia.

Salah satunya bentuk keberpihakan perbankan, lanjut Susi, dapat ditunjukkan melalui bunga pemberian pinjaman yang rendah kepada UMKM perikanan.

"Jadi bunganya lah kita subsidi untuk pinjaman di bawah Rp 1 miliar, jangan justru bunga yang kecil-kecil malah lebih tinggi daripada korporasi. Mindset ini harus kita buang," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 of 3

Jika Pensiun dari Menteri, Susi Pudjiastuti Ingin Jadi Wartawan Online

Menteri Susi Jelaskan Proses Penangkapan Kapal Buronan Interpol
Menteri KKP Susi Pudjiastuti menjelaskan penangkapan kapal buronan interpol, Jakarta, Sabtu (7/4). Susi mengatakan Satgas 115 mendapatkan permintaan resmi dari Interpol melalui NBC Indonesia untuk memeriksa kapal STS-50. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengungkapkan, jika dirinya tidak terpilih kembali menjadi menteri pada kabinet baru, dia siap menjadi wartawan online.

Senda gurau tersebut dia sampaikan pada acara open house yang berlangsung di Kompleks Widya Chandra, Senayan, Jakarta Selatan pada Kamis malam ini.

"Kalau sudah tak jadi menteri, ya saya balik lagi cari pekerjaan, mungkin jadi wartawan online," tuturnya saat ditanya wartawan apakah dirinya terpilih pada kabinet baru Jokowi Jilid II, pada Kamis 6 Juni 2019. 

Dia menjelaskan, pekerjaan pilihannya tersebut beralasan disebabkan pengikutnya di media sosial terbilang tidak sedikit. Di instagram saja, Menteri Susi memiliki pengikut sebanyak 2,3 juta followers.

"Iya, jadi wartawan online saja. Followers saya kan banyak. Mungkin mau buat Susi.com," tambahnya.

Saat ditanya apakah sudah ada perbincangan lebih lanjut dengan Presiden Joko Widodo terkait kemungkinan dirinya terpilih kembali, Menteri Susi mengaku belum tahu sama sekali.

"Belum, belum ada obrolan dengan Pak Jokowi. Saya juga tidak tahu apakah ditarik lagi apa tidak," paparnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓