7 Podcast Indonesia Ini Dijamin Bikin Hari Makin Menyenangkan

Oleh Fitriana Monica Sari pada 15 Sep 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 20 Feb 2021, 21:39 WIB
Podcast
Perbesar
Podcast. Dok: engadget.com

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang masih awam dengan podcast, podcast merupakan rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak ramai.

Berisi banyak informasi dengan beragam variasi, membuat podcast dikonsumsi oleh kalangan muda untuk menambah pengetahuan tentang banyak hal.

Beberapa jaringan media di luar negeri seperti BBC, sudah merekam dan menyebarluaskan podcast bertahun-tahun lalu. Di Indonesia sendiri fenomena ini baru meledak beberapa waktu terakhir. 

Banyak yang merasa bahwa podcast mirip seperti radio karena sama-sama konten dalam bentuk audio, padahal jika kita pahami kembali, podcast berbeda dengan radio. Ada ribuan kategori podcast yang bisa didengarkan, mulai dari seputar keuangan, kesehatan, teknologi, lifestyle, cerita lucu, hingga cerita horor. 

Untuk mengakses podcast sendiri, saat ini sudah banyak platform yang menyediakan konten podcast seperti Spotify, Apple Podcast, Google podcast, Anchor, Soundcloud dan platform lainnya.

Untuk layanan streaming music terpopuler saat ini, Spotify misalnya, podcast menjadi salah satu daya tarik penggunanya. Sebelum Spotify, banyak podcaster, panggilan untuk pembuat podcast, lebih banyak populer di Soundcloud.

Podcast Indonesia yang Bisa Bikin Hari Anda Menyenangkan

Tidak hanya beralih ke hiburan yang bersifat visual, ternyata beberapa waktu belakangan para milenial juga menyukai siaran audio internet yang biasa disebut podcast. Istilah tersebut pertama kali digunakan oleh pengguna iPod. Podcast adalah gabungan dari iPod dan broadcasting

Karena jumlah masyarakat yang antusias dengan kehadiran podcast, maka mulai bermunculan beberapa podcaster Indonesia yang menyediakan konten-konten menarik untuk didengar.

Siapa sajakah? Berikut rekomendasi podcast Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang, seperti dikutip dari TunaiKita.

1. Sudut Pandang

Podcast yang satu ini disajikan oleh podcaster yang dikenal dengan Aria Notharia. Sudut Pandang membicarakan tentang fenomena kehidupan generasi millennial di masa sekarang ini.

Sama halnya seperti tradisi para youtubers, para podcaster juga tidak jarang berkolaborasi dengan para podcaster lainnya.

Aria, sapaan akrab podcaster yang satu ini juga beberapa kali pernah berkolaborasi dengan podcaster lain, seperti Mantjah, host dari podcast Petjah.

Obrolan-obrolan seru dan santai khas anak muda, menjadi daya tarik Sudut Pandang sehingga digandrungi oleh pendengar setianya. Tidak jarang Aria membuat monolog diiringi backsound sendu berisi pesan-pesan kehidupan yang mampu memainkan emosi dan memotivasi para pendengar. 

Dalam podcastnya, Aria menyajikan obrolan khas ala anak-anak muda, namun alih-alih mendengarkan obrolan ngalur ngidul, tanpa sadar kita dibawa ke sebuah perbincangan yang terstruktur dan jelas arahnya. Pola pikir yang runut tergambar dari bagaimana dia membawakan materi podcast dengan durasi 5 hingga 59 menit. 

Sudut Pandang merupakan hasil dari pemrosesan informasi terkait dinamika manusia beserta masalahnya yang pernah terjadi di masa lalu atau yang mungkin akan datang di masa depan.

Podcast ini biasanya diawali dengan membahas fenomena yang terjadi disekitar kita sampai di tengah proses bermonolog dan berdialog, maka akan ditemukan sudut pandang baru dari fenomena yang menjadi topik utama. 

 

2 dari 4 halaman

2. Subjective

Ilustrasi podcast
Perbesar
(sumber: Pixabay)

Iqbal Hariadi memulai Subjective sejak tahun 2015. Selain menjadi seorang podcaster, Iqbal juga seorang penulis blog yang juga aktif di Tumblr. Subjective sendiri sudah mencapai 77 episode pada bulan Maret 2019. 

Podcast subjective merupakan podcast yang berisi pendapat-pendapat pribadi dari Iqbal Hariadi. Mirip seperti Sudut Pandang, Iqbal membahas hal-hal yang juga membahas tentang kehidupan millennials masa kini. Topik-topik yang dibahas pun banyak berkaitan dengan perkembangan hidup zaman sekarang yang serba digital. Tidak heran, kebanyakan pendengar podcast Iqbal millennials karena sangat berkaitan dengan kehidupan masa kini. 

3. Makna Talks

Podcast Makna Talks ini lebih fokus pada konten siaran berupa sesi tanya jawab dengan bintang tamu. Iyas Lawrence sebagai host menghadirkan obrolan-obrolan seru penuh makna.

Makna Talks kerap mengundang para bintang tamu yang inspiratif dan mewawancarai mereka yang ahli berkemelut di bidangnya masing-masing. Ini bisa menjadi podcast pilihan jika ingin memperluas wawasan mengenai perihal dalam kehidupan sehari-hari. 

Fakta lainnya, podcast ini diproduseri oleh Keenan Pearce dan Ernanda Putra yang merupakan pendiri dari Makna Creative.

Podcast yang satu ini juga pas untuk mengasah kemampuan dalam berbahasa Inggris, mengingat bahasa Inggris yang digunakan sangat mudah untuk dipahami. 

3 dari 4 halaman

4. Podcast Awal Minggu

Tidur
Perbesar
Ilustrasi tidur sambil mendengarkan musik (iStockphoto/g-stockstudio)

Sesuai namanya, podcast ini hadir setiap awal minggu. Dipandu oleh Adriano Qalbi, seorang stand up comedian Tanah Air, podcast Awal Minggu berisikan pembahasan tentang kehidupan sehari-hari Adriano selama seminggu.

Obrolan-obrolan yang seru dan candaan-candaan yang dilontarkan Adriano Qalbi tentunya turut menghibur para pendengarnya.

Jika Anda pecinta konten komedi, maka Podcast Awal Minggu bisa menjadi pilihan. 

5. So Mad About Life

Podcast yang satu ini membicarakan seputar realitas hidup. Masalah-masalah yang kerap terjadi dalam hidup yang tidak jarang terasa membebankan, semua dibahas tuntas di sini.

Kemudian, pendengar akan disuguhkan “pencerahan” lewat dialog-dialog inspiratif yang ending-nya ditujukan untuk mengubah perspektif pendengar tentang hidup.

Dipandu oleh Alvi & Ardhi, So Mad About Life akan memberikan konten yang menginspirasi dan tentunya akan mengubah perspektif Anda tentang hidup. 

4 dari 4 halaman

6. Rapot

Ilustrasi mendengarkan musik
Perbesar
Ilustrasi (iStock)

Jika ingin mendengarkan konten podcast yang ringan dengan materi serius yang dibawakan dengan cara yang tidak serius, Rapot bisa menjadi pilihan Anda.

Podcast yang dibawakan oleh Reza Chandika, Ankatama Ruyatna, Radhini Aprilya, dan Natasha Abigail ini cocok untuk menjadi teman di perjalanan, apalagi jika sedang bosan menghadapi kemacetan yang bikin pusing tujuh keliling.

Topik-topik dalam episode podcast yang hadir di Spotify ini juga ringan dan sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Sebut saja episode mengenai campur aduk kehidupan saat menggarap skripsi, flashback ke zaman Akademi Fantasi Indosiar dan Indonesian Idol yang booming di awal tahun 2000-an, dan cerita mengenai tradisi silaturahmi saat lebaran.

Dengan celetukan dan gaya bercerita yang khas, Reza, Anka, Radhini, dan Abigail dijamin tidak akan gagal menghibur hari-hari Anda. 

7. Do You See What I See

Podcast yang satu ini berbeda dengan jenis konten podcast lainnya, Do You See What I see merupakan podcast horor yang menyajikan cerita-cerita misteri berdasarkan pengalaman orang-orang yang mengirimkan cerita horornya.

Salah satu pengalaman mistis yang sempat booming yaitu cerita Mizter mengenai rumah eyangnya yang berada di Yogyakarta. Bahkan video cerita horor yang diunggah oleh Raditya Dika tersebut sempat menjadi trending topik di kanal Youtube.

Podcast milik sahabat Raditya Dika tersebut merupakan kumpulan cerita horor yang dirangkum dalam beberapa episode.

Mizter, pemilik podcast juga mengkurasi beberapa cerita pengalaman mistis yang dikirimkan dari berbagai macam sumber.

Untuk mengirimkan cerita horor, Anda dapat mengirimkan melalui direct message Instagram Mizter yaitu @mizter.popo

Dengarkan Podcast Seru Sekarang. Yang Mana Favorit Anda?

Nah, Itulah tujuh rekomendasi podcast keren yang siap menemani perjalanan dan waktu luang. Mulai dengarkan konten-konten podcast yang seru dan ampuh menghilangkan rasa bosan. Tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait