Seleksi CPNS 2019 Bakal Diumumkan Paling Cepat Akhir September

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 10 Sep 2019, 10:17 WIB
Mengintip Seleksi CPNS 2018 di Gedung Wali Kota Jaksel

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah merampungkan formasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Kementerian PANRB menargetkan pengumuman seleksi CPNS 2019 antara September-Oktober tahun ini.

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian PANRB, Selasa (10/9/2019), hingga saat ini Kementerian PANRB masih melakukan finalisasi penetapan formasi untuk pengadaan CPNS 2019 pada instansi baik pusat maupun daerah.

Setelah penetapan formasi, setiap kementerian dan lembaga yang mendapatkan formasi akan mengumumkan pengadaan CPNS di instansi masing-masing, yang antara lain akan berisi:

- Jabatan yang lowong dan akan diisi

- Jumlah formasi untuk setiap jabatan

- Persyaratan untuk setiap jabatan (termasuk syarat pendidikan minimal)

- Serta tatacara dan waktu pendaftaran.

Adapun pengumuman pengadaan CPNS 2019 ditargetkan akan diumumkan sekitar akhir September atau awal Oktober 2019, melalui website Kementerian PANRB dan laman instansi masing-masing.

Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji coba mengingatkan kepada masyarakat, agar waspada terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang berhubungan dengan pengadaan CPNS 2019.

Dia pun menegaskan, dalam sistem seleksi CPNS yang diberlakukan selama ini, tidak ada seorang pun yang dapat membantu agar seseorang dapat diterima menjadi CPNS.

"Meskipun telah diingatkan tentang hal ini berkali-kali, masih saja terdapat anggota masyarakat yang tertipu. Hal ini jangan sampai terjadi lagi," ujar Dwi Wahyu Atmaji.

2 of 3

Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Usai Pelantikan Jokowi

Ribuan Pelamar Ikuti Tes CPNS Kemenkumham
Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengatakan, seleksi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dibuka usai pelantikan Presiden Republik Indonesia.

Hal itu ia sampaikan di Gedung Kementerian PANRB dalam acara pemberian penghargaan bagi anggota Polri Berprestasi dan Launching Anugerah ASN 2019 sore ini.

Dia menjelaskan, kemungkinan pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka pada tanggal 20 Oktober ke atas. CPNS 2019 akan dibuka kembali dengan 100 ribu formasi baru.

"Iya, dibuka Oktober setelah pelantikan Pak Presiden. Setelah tanggal 20 Oktober," ujarnya di Gedung Kemenpanrb, Selasa (20/8/2019). 

Kendati begitu, pihaknya masih enggan membocorkan bagaimana skema CPNS 2019 untuk lebih detail. Adapun dia menegaskan jumlah kursi yang dibuka tidak mengalami perubahan, tetap 100 ribu orang. Sementara untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sekitar 50 ribu orang.

 
3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓