Awas! Jangan Benci dengan Pekerjaan Bila Tak Ingin Mengalami ini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 16 Sep 2019, 06:00 WIB
kerja nggak bahagia

Liputan6.com, Jakarta - Memang benar jika bekerja bertujuan untuk mendapatkan penghasilan guna menyambung hidup sehari-hari. Namun, Anda juga harus bisa menikmati pekerjaan itu sendiri.

Jika Anda tidak senang, maka tentu saja akan merasa terbebani dan juga merasa bosan. Ada yang mengatakan jika bekerja adalah hobi. 

Maksudnya adalah pekerjaan yang dijalankan harus sesuai dengan apa yang Anda kuasai dan juga yang digemari. Dengan begitu, pekerjaan akan mengalir tanpa adanya rasa beban yang berlebihan.

Jika Anda merasa tidak senang dan benci akan pekerjaan, hal inilah yang akan terjadi. Apa sajakah itu? Anda bakal mengalami ini jika benci dengan pekerjaan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Menjadi Mudah Kehilangan Rasa Percaya Diri

Seseorang mempunyai tingkat percaya diri yang berbeda-beda. Anda harus pandai membangun rasa percaya diri. Karena orang yang percaya diri akan terlihat lebih tegas dan juga meyakinkan.

Ketika Anda tidak suka dengan pekerjaan bahkan membencinya, maka rasa percaya diri itu akan hilang. Bagaimana bisa ini terjadi? Hal ini dikarenakan ketika Anda tidak suka dan membenci, pasti apa saja yang dilakukan akan tidak maksimal. 

Pastinya, nilai atau hasil akhir pun juga tidak memuaskan bahkan buruk. Orang yang tidak menyukai suatu hal pasti akan berpikir bahwa dirinya tidak bisa melakukannya, ingin menjalankan tapi takut salah, dan sebagainya. 

Hal yang paling baik dalam permasalahan ini adalah pikirkan pekerjaan apa yang Anda inginkan, cintai pekerjaan tersebut, dan berusahalah untuk memberikan yang terbaik sebagai kontribusi Anda. Dengan begitu, pekerjaan pasti akan berjalan lancar.

2 of 3

2. Mudah Dilanda Stress

Stres Kerja Bisa Picu Goyahnya Kesehatan Mental
Foto Ilustrasi

Apa yang terjadi jika Anda membenci pekerjaan yang dijalankan? Jawabnya adalah pasti mudah stres. Setiap pekerjaan yang ada pasti terlihat berat. 

Beban seakan menumpuk dalam pikiran dan seolah sulit untuk dikerjakan. Jika Anda memaksapun pasti akan sedikit menyakiti pikiran Anda. 

Untuk itu, dalam menjalankan pekerjaan Anda harus berusaha menyukainya. Dan bersyukur adalah cara yang terbaik untuk menerima pekerjaan yang sedang Anda kerjakan sehingga tidak ada beban di dalam pikiran.

3. Berpikir Pesimis

Rasa pesimis hanya dimiliki orang yang tidak percaya diri. Permasalahan ini berkaitan erat dengan poin mengenai percaya diri. Ketika Anda tidak percaya diri, pasti pikiran akan menduga-duga hal yang buruk akan menimpa Anda. 

Padahal, jika Anda menikmati dan tidak tegang dalam siatuasi apapun, maka semuanya akan baik-baik saja dan berpikir bahwa segala sesuatunya merupakan hal yang wajar saja. 

Tapi bila Anda membenci pekerjaan di kantor, maka pasti dalam mengerjakan sesuatu akan merasa tidak semangat dan tidak pernah merasa puas. Dan pada akhirnya, timbullah rasa pesimis muncul dan mengganggu pikiran Anda.

3 of 3

4. Tiap Malam Jadi Susah Tidur

Susah Tidur atau Sulit Tidur
Ilustrasi Foto Susah Tidur atau Sulit Tidur (iStockphoto)

Hanya karena membenci pekerjaan, bisa-bisa Anda mengalami insomnia atau susah tidur. Ini pasti terjadi karena, Anda merasa tidak nyaman ketika berada di kantor. 

Waktu dan hari seakan terasa lama dan ingin segera ketemu hari libur. Bisa dicontohkan seperti ketika sore hari Anda baru pulang dari kantor, sesampainya di rumah Anda masih terpikirkan hal-hal di kantor tadi dan kepikiran bagaimana keadaan kantor di esok hari. 

Ini yang membuat Anda susah tidur. Insomnia yang terus-terus terjadi kepada Anda pastinya tidak baik untuk kesehatan. Tidur yang terlalu malam akan membuat mata lelah di keesokan harinya. 

Selain itu, akan membuat badan lemas dan tidak bersemangat. Akibatnya, ketika di kantor, Anda akan tidak fokus dan juga cepat merasa lelah ketika bekerja.

5. Menjadi Merasa Mudah Putus Asa

Seakan tidak ingin untuk melanjutkan pekerjaan, merasa bosan, dan masih banyak hal lain ketika Anda membenci pekerjaan yang dijalankan. Tingkat mudah putus asa pun akan semakin tinggi.

Semangat akan turun dan ketika mengerjakan project pasti biasa saja dan tidak ada perubahan yang membuat dirinya mencolok. Sifat mudah putus asa adalah yang tidak layak dimiliki seseorang.

Sebab, Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setidaknya, di dalam diri tiap individu pasti ada kelebihan di dalamnya. Entah dari sisi sifat, penampilan, keterampilan, dan sebagainya. 

Oleh karena itu Anda harus meningkatkan tingkat kepercayaan diri. Anggap saja pekerjaan Anda adalah hasil yang paling terbaik diantara pekerja lainnya. 

Apapun pekerjaan yang Anda jalankan saat ini, coblah untuk menyukainya dan jadikan sebagai hobi. Ketika Anda menganggap diri Anda bisa dan juga mampu pasti sifat mudah putus asa tidak akan pernah terpikir dalam diri Anda.

Pikirkan secara Matang Saat Mengambil Sebuah Pekerjaan

Membenci pekerjaan adalah hal yang seharusnya dihindari. Sebelum Anda bekerja, hendaklah pikirkan secara matang-matang apakah pekerjaan ini sesuai dengan Anda. Kemampuan juga harus Anda sesuaikan.

Tidak harus dipaksakan untuk melakukan pekerjaan itu karena ingin dipuji seeorang atau hal kecil lainnya. Tapi pikirkan bagaimana pekerjaan itu tidak menjadi beban untuk diri Anda.

Lanjutkan Membaca ↓