Biar Tak Menyesal, Diskusikan ini dengan Pasangan Sebelum Pensiun

Oleh Fitriana Monica Sari pada 15 Sep 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2019, 19:04 WIB
Orang Tua yang Rutin Konsumsi Ikan, Fisiknya Jauh Lebih Kuat

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak cara untuk menghadapi masa pensiun. Anda bisa membicarakannya dengan pasangan terlebih dahulu terutama sebelum masa pensiun tiba.

Karena pensiun adalah masa yang harus Anda lalui saat waktunya telah tiba. Oleh sebab itu, persiapkan jauh hari sebelum Anda memasuki masa tersebut.

Selain itu, pasangan adalah orang pertama yang harus mengerti kapan Anda pensiun. Beri waktu agar Anda bisa mendiskusikan hal-hal yang perlu dibicarakan sebelum memasuki masa pensiun.

Biar tak menyesal nantinya, sebaiknya diskusikan hal ini dari sekarang dengan pasangan sebelum memasuki masa pensiun, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Dimana Nantinya akan Menetap?

Saat masih muda Anda pasti menginginkan rumah yang mewah dan besar agar bisa menampung keluarga besar Anda. Tak terkecuali anak dan cucu Anda.

Namun, bisa saja nanti saat masa pensiun tiba Anda dan pasangan justru menginginkan rumah yang kecil dan sederhana. Mengingat anak-anak Anda sudah memiliki rumah sendiri. 

Oleh sebab itu, sebelum masa pensiun diskusikan dulu dengan pasangan Anda. Apakah Anda akan menjual rumah lalu pindah ke tempat lain atau ingin tetap tinggal di rumah Anda yang sekarang?

Atau bisa juga Anda menyewakan rumah Anda agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus bekerja keras di masa tua. Anda hanya perlu duduk manis dan uang akan datang pada Anda dengan sendirinya.

2 of 6

2. Menentukan Jenis Pensiun dan Biaya yang Harus Disiapkan

Ilustrasi Pensiun. Foto: www.express.co.uk
Ilustrasi Pensiun. Foto: www.express.co.uk

Jika dipikirkan lagi, tentu Anda akan menemukan banyak sekali jenis pensiun yang bisa dipilih. Beberapa jenis pensiun yang bisa Anda pilih membutuhkan biaya tak sedikit.

Contohnya saja keinginan setelah pensiun nanti Anda ingin hidup di dataran tinggi yang memiliki udara segar dan pemandangan indah. Maka, mulai dari sekarang Anda harus sudah mulai menyiapkan dana pensiun yang cukup banyak.

Berbeda lagi jika Anda menginginkan masa pensiun yang hanya duduk manis menjaga cucu hanya melakukan aktivitas ringan di rumah yang lama bersama pasangan Anda. Mungkin Anda hanya membutuhkan dana pensiun untuk membiayai kebutuhan sehari-hari saja.

 

3 of 6

3. Dari Mana Sumber Penghasilan Nanti?

Ilustrasi dana pensiun.
Ilustrasi dana pensiun (ncsl.org).

Setelah Anda memasuki masa pensiun tentunya ada beberapa hal yang akan berubah, tidak seperti sebelumnya yang mendapat uang bulanan dari gaji tetap yang diperoleh. 

Di masa pensiun, Anda harus mencari uang tambahan agar kebutuhan bisa terpenuhi. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat rencana anggaran keuangan baru.

Anggaran keuangan Anda yang baru ini harus berisi tentang info semua sumber pemasukan juga rincian pengeluaran setiap bulannya, seperti jumlah tagihan listrik, dana kepentingan sosial, kebutuhan pangan, dan kebutuhan lainnya.

4 of 6

4. Apakah Anda Akan Mencari Pekerjaan Baru?

Ilustrasi pensiun (iStock).
Ilustrasi pensiun (iStock).

Masyarakat umum cenderung menilai masa-masa pensiun adalah masa di mana seseorang berhenti dari segala aktivitas dan pekerjaan yang selama ini menjadi aktivitas harian. Namun, tak selamanya Anda harus berdiam diri menikmati masa-masa pensiun itu.

Anda pasti membutuhkan aktivitas dan jadwal kegiatan yang baru agar tidak bosan. Inilah waktunya Anda untuk mendiskusikan rencana masa pensiun dengan pasangan Anda. Apakah Anda akan mencari pekerjaan baru atau tidak.

Namun, jika Anda lebih memilih untuk menikmati hidup santai tanpa bekerja, tentu saja ini adalah keputusan yang tepat. Kenapa? Karena sudah sekian lama Anda terikat dengan pekerjaan.

Masa pensiun adalah masa di mana Anda dan pasangan hidup bersantai untuk menghabiskan waktu bersama. Jika Anda ingin uang tambahan di hari tua, bisa juga berinvestasi dari sekarang sehingga Anda tidak perlu bersusah payah bekerja menguras tenaga yang sudah tak sekuat saat masih muda.

5 of 6

5. Sudahkan Cari Solusi untuk Masalah Pengeluaran Tak Terduga?

[Bintang] Demi Uang Pensiun, Nenek Ini Harus Merangkak Sejauh 2 Km
(Ilustrasi) Uang pensiun | via: money.howstuffworks.com

Meski sudah memasuki masa pensiun, tidak ada salahnya Anda dan pasangan tetap menyiapkan dana khusus untuk menghadapi situasi darurat atau situasi yang tidak terduga.

Tentu saja karena hal-hal yang tidak terduga bisa menghampiri kapan saja dan di mana saja. Datangnya tidak bisa diprediksi sehingga Anda harus selalu menyiapkannya sejak dini.

Usahakan dana darurat ini mampu membantu Anda untuk bertahan paling tidak selama 6 bulan. Tidak ada alasan untuk membuat Anda berutang dengan orang lain meski Anda sudah mulai pensiun.

6 of 6

Kehidupan Baru Setelah Memasuki Masa Pensiun

Masa pensiun adalah masa di mana Anda akan memulai kehidupan baru. Kehidupan yang berbeda dari sebelumnya. Jadi sebaiknya Anda mendiskusikan beberapa hal penting sebelum memasuki masa pensiun seperti menentukan tempat tinggal tetap, sumber penghasilan, maupun jenis pensiun yang diinginkan dengan pasangan hidup Anda.

Lanjutkan Membaca ↓