Sukses

Sumber Energi Sukses Makmur Kembangkan PLTS di Atas Lahan Tambang

Sumber Energi Sukses Makmur menjalin kerja sama dengan salah satu BUMN untuk pemanfaatan eks-lahan tahan tambang untuk dijadikan PLTS.

Liputan6.com, Jakarta - PT Sumber Energi Sukses Makmur (SESM) sedang mengembangkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia. Salah satu cara yang dijalankan dengan memanfaatkan lahan bekas tambang yang tidak produktif sebagai area operasinya.

Direktur Utama Sumber Energi Sukses Makmur Zulfian Mirza mengatakan, pemanfaatan lahan tambang sendiri memiliki prospek di masa depan. Sebab dengan ini, perusahaan tambang bisa turut terlibat dalam peningkatan kapasitas Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam bauran energi nasional. Selain itu, perusahaan tambang juga akan memiliki peluang memanfaatkan lahan bekas tambang mereka yang tidak produktif untuk menjadi ladang energi.

"Beberapa perusahaan termasuk BUMN belakangan disebut melihat peluang pemanfaatan lahan bekas tambang mereka yang tidak optimal direklamasi, untuk dijadikan ladang energi lewat investasi di PLTS," kata Zulfian, di Jakarta, Sabtu (7/9/2019).

Direktur EBT Sumber Energi Sukses Makmur Hamza Rasyidi menambahkan, pihaknya saat ini sedang mengembangkan beberapa proyek photovoltaic antara lain Floating photovoltaic atau PLTS terapung berkapasitas 42,5 Mega Watt (MW) bekerjasama dengan pemerintah.

Sumber Energi Sukses Makmur juga menjalin kerja sama dengan salah satu BUMN untuk pemanfaatan eks-lahan tahan tambang untuk photovoltaic project 30 MW dan kerja sama dengan BUMD di bidang penyediaan listrik dari PLTS berkapasitas 5 MW untuk wilayah terpencil, serta pengembangan pabrik perakitan untuk meningkatkan muatan lokal sekaligus sebagai pemenuhan TKDN sesuai regulasi pemerintah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gandeng ITB

Sumber Energi Sukses Makmur menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB), untuk melakukan penelitian dan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap bangunan. Guna mendukung kebutuhan energi bersih Indonesia di masa depan.

Sumber Energi Sukses Makmur bersama Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM-ITB) rencananya bakal menjajaki peluang produksi photovoltaic lokal (local PV) di masa depan. Menekan intermittent penyerapan tenaga matahari pada PV panel dan mengembangkan fungsi storage agar dapat menyimpan energi sinar matahari.

Untuk menunjang penelitian Sumber Energi Sukses Makmur menyerahkan PLTS Rooftop Kapasitas 10 Kilo Watt peak (KWp) ke FTTM ITB. Serah terima ini merupakan bagian dari kerjasama kedua belah pihak, dengan dalam rangka kegiatan penelitian dan pengembangan pada bidang Solar Module dan Energy Intermittent.

"Kita berharap dengan pemikiran ataupun bentuk kerjasama ini bisa menggugah mahasiswa terlebih pada dosen peneliti dari prodi metalurgi untuk lebih melihat lebih dalam potensi EBT yang ada di Indonesia,"

 

3 dari 3 halaman

Kontribusi

Dia melanjutkan, penyerahan PLTS rooftop dan kerjasama ini sendiri diharapkan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan, mendorong pemanfaatan potensi Energi Baru Terbarukan (ETB) di Indonesia. Selain itu juga sebagai bagian dari kontribusi perseroan, mendukung program pemerintah yang hendak meningkatkan porsi EBT dalam bauran energi nasional

"Sumber Energi Sukses Makmur bersama dengan ITB, mendukung program pemerintah lewat pengembangan teknologi PLTS ini" tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.