Sukses

10 Klub Olahraga Terkaya di Dunia

Bisnis klub olahraga memang menjanjikan, apalagi jika klub tersebut berprestasi dan terkenal, seperti yang terjadi pada 10 klub olahraga ini.

Liputan6.com, Jakarta - Anda hobi melihat pertandingan olahraga? Entah itu sepak bola, futsal atau basket, meski kemasan luarnya olahraga, tetap saja tim olahaga akan mendapat bayaran dari tiap permainan, begitu juga dengan pengelolanya.

Bisnis klub olahraga memang menjanjikan, apalagi jika klub tersebut berprestasi dan terkenal, seperti yang terjadi pada 10 klub olahraga ini. Mereka dinobatkan jadi klub terkaya di dunia dengan pendapatan yang tidak main-main.

Dikutip dari The Richest, Sabtu (7/9/2019), berikut 10 klub olahraga terkaya:

10. New York Giants

Klub american football ini memenangkan ajang olahraga bergengsi, Super Bowl sebanyak 4 kali dan NFL Championship dengan jumlah yang sama. Dikelola oleh John Mara dan Steve Tisch, sekarang New York Giants memiliki nilai USD 3,3 miliar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

9. Golden State Warriors

Siapa yang tidak kenal klub basket populer ini? Tak hanya membawa piala di setiap pertandingan, Golden State Warriors juga menjadi klub terkaya dengan aset bernilai USD 3,5 miliar, naik USD 400 miliar dari tahun lalu.

Klub yang dikelola oleh Joe Lacob dan Peter Guber ini punya pendapatan USD 401 juta per tahunnya. Pendapatan paling besar berasal dari tiket pertandingan, jersey dan kontrak sponsor.

3 dari 10 halaman

8. Los Angeles Lakers

Sebagai teman sekaligus saingan Golden State Warriors, klub ini tidak mau hanya adu besar poin yang dicetak di tiap pertandingan, tapi juga adu kekayaan.

Sekarang, LA Lakers bernilai USD 3,7 miliar, beda USD 200 juta saja dengan rivalnya. Meski begitu, banyak drama yang ditimbulkan dari pengelola klub ini sehingga asetnya bisa saja turun.

4 dari 10 halaman

7. Manchester United

Dikenal sebagai salah satu klub sepak bola terpopuler di dunia, Manchester United atau MU memiliki kekayaan aset senilai USD 3,8 miliar. Meski turun dari tahun lalu yang sekitar USD 4,12 miliar, klub sepak bola ini memperlihatkan kinerja yang makin baik tiap musimnya.

5 dari 10 halaman

6. New England Patriots

Klub ini ternyata dimiliki oleh miliarder Robert Kraft yang membelinya seharga USD 172 miliar. Nampaknya, ini adalah investasi terbaik yang pernah Kraft lakukan karena sekarang, nilai aset New England Patriots mencapai USD 3,8 miliar.

6 dari 10 halaman

5. New York Knicks

Tim basket yang dimiliki oleh miliarder James Dolan ini punya nilai aset USD 4 miliar, naik 11 persen dari tahun sebelumnya. Kabarnya, Dolan pernah ditawarkan USD 5 miliar untuk klub ini, tapi dia menolaknya.

 

7 dari 10 halaman

4. Barcelona

Klub bola asal Spanyol ini juga salah satu dari sekian klub sepak bola yang disegani di dunia. Dengan nilai aset USD 4,06 miliar, klub ini mendulang uang dengan prestasi dan kepopuleran beberapa anggota timnya, seperti Lionel Messi dan Luis Suarez.

8 dari 10 halaman

3. Real Madrid

Real Madrid jadi klub dengan nilai paling tinggi di Eropa, sekitar USD 4,24 miliar. Klub ini mencetak pendapatan USD 854,8 juta pada 2017 dan 2018. Dengan memenangkan laga Champions League 2 kali, nilainya meningkat 10 persen.

9 dari 10 halaman

2. New York Yankees

Akhirnya, salah satu klub baseball bergabung juga di jajaran klub terkaya dunia. New York Yankees saat ini bernilai USD 4,6 miliar, dengan pendapatan operasional senilai USD 30 juta dan local revenue senilai USD 712 juta. Ini menjadikan New York Yankees sebagai klub baseball terkaya di dunia.

10 dari 10 halaman

1. Dallas Cowboys

Dallas Cowboys menduduki posisi pertama sejaka 2016 sebagai klub terkaya di dunia dengan nilai USD 5 miliar. Pendapatannya berasal dari kerjasama sponsor dan penjualan tiket di AT&T Stadium.

Pada 2017, klub ini mencetak untung USD 365 juta. Sekarang, klub ini dikelola oleh Jerry Jones sejak 1989.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini