10 Klub Olahraga Terkaya di Dunia

Oleh Athika Rahma pada 07 Sep 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 14 Sep 2019, 20:46 WIB
Barcelona, Neyrmar Jr, Paris Saint-Germain, Trio MSN

Liputan6.com, Jakarta - Anda hobi melihat pertandingan olahraga? Entah itu sepak bola, futsal atau basket, meski kemasan luarnya olahraga, tetap saja tim olahaga akan mendapat bayaran dari tiap permainan, begitu juga dengan pengelolanya.

Bisnis klub olahraga memang menjanjikan, apalagi jika klub tersebut berprestasi dan terkenal, seperti yang terjadi pada 10 klub olahraga ini. Mereka dinobatkan jadi klub terkaya di dunia dengan pendapatan yang tidak main-main.

Dikutip dari The Richest, Sabtu (7/9/2019), berikut 10 klub olahraga terkaya:

10. New York Giants

Klub american football ini memenangkan ajang olahraga bergengsi, Super Bowl sebanyak 4 kali dan NFL Championship dengan jumlah yang sama. Dikelola oleh John Mara dan Steve Tisch, sekarang New York Giants memiliki nilai USD 3,3 miliar.

 

 

2 dari 10 halaman

9. Golden State Warriors

Golden State Warriors
Pau Gasol dibuat tak berkutik saat Spurs menyerah 136-100 dari Warriors (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Siapa yang tidak kenal klub basket populer ini? Tak hanya membawa piala di setiap pertandingan, Golden State Warriors juga menjadi klub terkaya dengan aset bernilai USD 3,5 miliar, naik USD 400 miliar dari tahun lalu.

Klub yang dikelola oleh Joe Lacob dan Peter Guber ini punya pendapatan USD 401 juta per tahunnya. Pendapatan paling besar berasal dari tiket pertandingan, jersey dan kontrak sponsor.

3 dari 10 halaman

8. Los Angeles Lakers

Pemain Los Angeles Lakers, Kyle Kuzma saat melawan Philadelphia Sixers dalam lanjutan NBA
Pemain Los Angeles Lakers, Kyle Kuzma (kiri) saat melawan Philadelphia Sixers dalam lanjutan NBA, Senin (11/2/2019) (Foto: (AP Photo/Chris Szagola)

Sebagai teman sekaligus saingan Golden State Warriors, klub ini tidak mau hanya adu besar poin yang dicetak di tiap pertandingan, tapi juga adu kekayaan.

Sekarang, LA Lakers bernilai USD 3,7 miliar, beda USD 200 juta saja dengan rivalnya. Meski begitu, banyak drama yang ditimbulkan dari pengelola klub ini sehingga asetnya bisa saja turun.

4 dari 10 halaman

7. Manchester United

Kapten Manchester United
1. Paul Pogba – Pemain yang berhasil membawa Prancis meraih gelar juara Piala Dunia ini mampu bangkit dan tampil apik di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Sang pelatih pun tak segan-segan mengatakan bahwa Pogba adalah pemimpin tulen. (Paul Ellis)

Dikenal sebagai salah satu klub sepak bola terpopuler di dunia, Manchester United atau MU memiliki kekayaan aset senilai USD 3,8 miliar. Meski turun dari tahun lalu yang sekitar USD 4,12 miliar, klub sepak bola ini memperlihatkan kinerja yang makin baik tiap musimnya.

5 dari 10 halaman

6. New England Patriots

Duel Super Bowl, New England Patriots vs Los Angeles Rams 13-3 di Mercedes-Benz Arena, Atlanta, Amerika Serikat, Senin (4/2/2019) pagi WIB. (AFP/Streeter Lecka)
Duel Super Bowl, New England Patriots vs Los Angeles Rams 13-3 di Mercedes-Benz Arena, Atlanta, Amerika Serikat, Senin (4/2/2019) pagi WIB. (AFP/Streeter Lecka)

Klub ini ternyata dimiliki oleh miliarder Robert Kraft yang membelinya seharga USD 172 miliar. Nampaknya, ini adalah investasi terbaik yang pernah Kraft lakukan karena sekarang, nilai aset New England Patriots mencapai USD 3,8 miliar.

6 dari 10 halaman

5. New York Knicks

Kristaps Porzingis (New York Knicks)
Bintang New York Knicks, Kristaps Porzingis, mencetak poin tertinggi sepanjang karier di NBA saat menghadapi Denver Nuggets di Madison Square Garden, New York, Senin (30/10/2017). (NBA)

Tim basket yang dimiliki oleh miliarder James Dolan ini punya nilai aset USD 4 miliar, naik 11 persen dari tahun sebelumnya. Kabarnya, Dolan pernah ditawarkan USD 5 miliar untuk klub ini, tapi dia menolaknya.

 

7 dari 10 halaman

4. Barcelona

Raja gol Champions League 2018-2019
1. Lionel Messi (Barcelona) 12 gol. (AFP/ Pau Barrena).

Klub bola asal Spanyol ini juga salah satu dari sekian klub sepak bola yang disegani di dunia. Dengan nilai aset USD 4,06 miliar, klub ini mendulang uang dengan prestasi dan kepopuleran beberapa anggota timnya, seperti Lionel Messi dan Luis Suarez.

8 dari 10 halaman

3. Real Madrid

Real Madrid Vs AS Roma
Penyerang Real Madrid, Gareth Bale, melakukan selebrasi usai membobol gawang AS Roma pada laga Liga Champions di Stadion Olimpico, Roma, Selasa (27/11). AS Roma takluk 0-2 dari Real Madrid. (AP/Gregorio Borgia)

Real Madrid jadi klub dengan nilai paling tinggi di Eropa, sekitar USD 4,24 miliar. Klub ini mencetak pendapatan USD 854,8 juta pada 2017 dan 2018. Dengan memenangkan laga Champions League 2 kali, nilainya meningkat 10 persen.

9 dari 10 halaman

2. New York Yankees

FOTO: 7 Klub Olahraga Terkaya di Dunia, MU Posisi Ke-3
2. New York Yankees (Baseball) - 3,7 miliar dolar (Rp 49,3 triliun). (AFP/Elsa)

Akhirnya, salah satu klub baseball bergabung juga di jajaran klub terkaya dunia. New York Yankees saat ini bernilai USD 4,6 miliar, dengan pendapatan operasional senilai USD 30 juta dan local revenue senilai USD 712 juta. Ini menjadikan New York Yankees sebagai klub baseball terkaya di dunia.

10 dari 10 halaman

1. Dallas Cowboys

FOTO: 7 Klub Olahraga Terkaya di Dunia, MU Posisi Ke-3
1. Dallas Cowboys (American Football) - 4,2 miliar dolar (Rp 56 triliun). (AFP/Joe Robbins)

Dallas Cowboys menduduki posisi pertama sejaka 2016 sebagai klub terkaya di dunia dengan nilai USD 5 miliar. Pendapatannya berasal dari kerjasama sponsor dan penjualan tiket di AT&T Stadium.

Pada 2017, klub ini mencetak untung USD 365 juta. Sekarang, klub ini dikelola oleh Jerry Jones sejak 1989.

Lanjutkan Membaca ↓