Sukses

Hutama Karya Bakal Bangun Dry Port di Pelabuhan Panjang

Pelabuhan tersebut dibangun untuk mempercepat pengembalian modal infrastruktur yang telah dibangun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam waktu dekat, PT Hutama Karya (Persero) atau HK akan membangun pelabuhan curah kering (dry port) di Pelabuhan Panjang, Lampung.

Direktur Utama HK Bintang Perbowo menyebutkan pelabuhan tersebut dibangun untuk mempercepat pengembalian modal infrastruktur yang telah dibangun sebelumnya.

"Kami akan membangun dry port yang nantinya menempel pada jalan tol. Kami bekerja sama dengan PTPN VII dan Pelindo II, dan sudah teken tanda tangannya," ujar Bintang seperti ditulis Jumat (5/9/2019).

Dengan dibangunnya dry port, perpindahan barang dari pelabuhan akan lebih cepat.

Untuk pembangunan dry port, BUMN ini telah mengantongi 20 ha lahan di area pelabuhan dan akan ditambah dengan lahan PTPN VII seluas 200 ha hingga 500 ha. Lahan tersebut sudah tidak produktif sehingga dapat digunakan untuk pembangunan dry port.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Bangun Kawasan Industri

Bintang menyebutkan kemungkinan area tersebut menjadi kawasan industri. Di sana bisa dibangun perumahan, gudang bisnis hingga destinasi wisata.

"Akan dibangun destinasi wisata karena di sana kan enggak ada. Nanti dalam pengembangan kawasan industri itu bisa datangkan investor," ujar Bintang.

Saat ini, Lalu Lintas Harian (LHR) di ruas tol Trans Sumatera berkisar 11 ribu kendaraan. Nantinya jika kawasan ini sudah siap dan beroperasi, ditargetkan LHR akan meningkat hingga 17 ribu kendaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.