Cara Jitu Hindari Kesalahan Saat Kelola Keuangan

Oleh Liputan6.com pada 10 Sep 2019, 06:00 WIB
20151113-Ilustrasi Investasi

Liputan6.com, Jakarta - Hampir setiap orang pernah berada dalam posisi untuk mengambil keputusan terkait keuangan. Tak jarang juga beberapa orang salah dalam pengambilan keputusan dan berujung dalam masalah.

Tetapi ternyata, kesalahan dalam mengambil keputusan ternyata bisa jadi kesempatan untuk meningkatkan pemahaman.

Pengeluaran yang terlalu banyak dan investasi yang tak seimbang, merupakan salah satu kesalahannya.

Berikut ini beberapa cara menghindari kesalahan keuangan seperti dikutip dari CNBC, Selasa (10/9/2019):

1. Gagal atur sesuai anggaran

Terdapat dua masalah yaitu apakah Anda hanya tidak memiliki anggaran atau Anda memiliki anggaran tapi Anda habiskan dengan membelanjakan hal yang tidak perlu. Gagal mengatur keuangan sesuai dengan anggaran yang dibuat adalah salah satu masalah dan yang paling umum.

Solusi: Jika Anda belum memiliki anggaran, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyisihkan. Kuncinya adalah bersikap realistis dan jujur tentang pendapatan Anda dan ketahui apa yang menjadi prioritas.

Catat apa yang menjadi pengeluaran Anda. Setelah menilai apa yang telah Anda belanjakan, dari situ Anda dapat menentukan belanjaan apa yang mungkin bisa Anda kurangi.

Jika memiliki anggaran membuat Anda menjadi kekurangan uang, maka saatnya menilai adakah anggaran yang Anda pakai berlebihan mungkin Anda bisa menguranginya dari situ.

2 of 3

2. Tidak ada rencana masa depan

Uang
Ilustrasi uang (iStockphoto)

Gagal merencanakan masa depan sama saja tidak memiliki aset untuk diri sendiri dari wasiat atau asuransi jiwa. Jika Anda adalah orang tua dan tidak memiliki perencanaan pensiun maka mulailah dari sekarang.

Solusi: Ketahui sekarang seperti, apakah Anda memiliki seorang anak, atau ada tanggungan lain? Siapa yang akan menanggung tanggungan mereka ketika Anda sudah tidak bisa lagi bekerja? dan hal-hal buruk lainnya yang mungkin bisa saja terjadi. Semua hal buruk itu bisa membantu Anda merencanakan masa depan dan menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan tentang uang.

 

3 of 3

3. Tabungan kurang atau kurang investasi

[Fimela] Menabung
Ilustrasi menabung | unsplash.com/@dhelentjaris

Sebanyak 78 persen warga Amerika bahkan tidak memiliki dana darurat apalagi investasi. Sebagian dari 78 persen tersebut juga tidak jarang gagal memenuhi target tabungan dan investasi. Akhirnya beresiko kekurangan dana untuk pensiun.

Solusi: Carilah dan pertimbangkan cara lain untuk meningkatkan penghasilan karena setiap uang yang Anda hasilkan di luar biaya hidup sehari-hari dapat Anda gunakan untuk tabungan. Anda tidak sendirian jika mengalami gangguan finansial. Sebab, investor paling sukes sekalipun masih harus mempelajari dasar- dasarnya.

Reporter: Chrismonica

Lanjutkan Membaca ↓