Sukses

Pertamina Bakal Lepas Saham Beberapa Blok Migas

Pelepasan saham beberapa blok migas ini untuk meningkatkan modal perusahaan

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) membuka peluang untuk berbagi hak partisipasi (participatin interst/PI) blok min‎yak dan gas bumi (migas) yang dikelolanya. Hal ini untuk meringankan investasi dalam bisnis hulu.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, saat ini baru 30 persen blok migas Pertamina yang dikelola bersama mitra. Sementara rata-rata perusahaan minyak lain 80 persen blok migasnya dikelola bersama mitra. Sebab itu, Pertamina akan mengundang mitra baru untuk ikut menggarap blok migasnya.

"Kita akan mengundang, menawarkan participating interest ya," kata Nicke, di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

‎Nicke melanjutkan, saat ini Pertamina sedang melakukan penjajakan dengan calon mitra. Rencananya pelepasan hak partisipasi akan dilakukan pada akhir tahun ini. Namun dia belum bisa menyebutkan blok migas yang akan dilepas sahamnya.

"Kita belum ada target detailnya, tapi Wilayah Kerja Wilayah Kerja yang kita tawarkan sedang difinalisasi," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transfer Teknologi

Nicke mengungkapkan, pelepasan‎ saham blok migas dilakukan untuk meringankan beban investasi pengembangan migas. Selain itu juga untuk transfer pengembangan teknologi yang lebih mutakhir.

Untuk itu, memiliki teknologi menjadi syarat bagi calon mitra yang berminat partisipasi. Dengan pelepasan saham diharapkan bisa bertukar pengolahan blok migas yang digarap mitra di luar negeri.

"Partnership itu banyak, kita ingin lakukan pengembangan teknologi tapi cari partner yang memang sudah memiliki dan mengimplementasikan proven teknologi. kedua, juga sinergi dr masalah finansial jadi untuk pengembangan. ketiga, partnership juga membuka kemungkinan kita untuk masuk ke dalam wilayah kerja para perusahaan global ini di luar," tandasnya.

 

3 dari 3 halaman

Kelola 99 Blok Migas

Untuk diketahui, saat ini ‎Pertamina mengelola sebanyak 99 aset migas di dalam dan luar negeri melalui beberapa anak usahanya. PT Pertamina Hulu Energi mengelola 58 blok migas, PT Pertamina EP 1 blok migas, PT Pertamina EP Cepu 1 blok, PT Pertamina EP Cepu ADK 1 blok migas, PT Pertamina Hulu Indonesia 3 blok migas, dan PT Pertamina Internasional EP 35 blok migas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.