Hutama Karya Resmikan 2 Ruas Tol Trans Sumatera Tahun Ini

Oleh Athika Rahma pada 05 Sep 2019, 13:45 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno menyusuri Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 kilometer (km) pada Jumat ini (8/3/2019). Dok Kementerian BUMN

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Hutama Karya (HK) Bintang Perbowo menyatakan akan ada 2 ruas tol Trans Sumatera yang akan diresmikan dan dioperasikan tahun 2019 ini, diantaranya ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 185 km dan Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km.

Bintang menjelaskan, ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ini akan langsung menyambungkan Bakauheni hingga Palembang.

"Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI September tahun ini," ungkapnya dalam acara Ngopi BUMN di Kementerian BUMN, Kamis (05/09/2019).

Sementara, untuk ruas Pekanbaru-Dumai akan diresmikan pada November 2019 mendatang. Ihwal pembebasan lahan jalan tol sendiri sudah mencapai hampir 100 persen.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meresmikan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan panjang 140 km. Sisanya, ruas Kayu Agung-Palembang sepanjang 33 km, konsesinya dimiliki pihak lain. Direncanakan seluruh ruas tol akan berfungsi optimal akhir tahun ini.

 

2 of 3

Waktu Tempuh Lebih Singkat

Pembangunan Jalan Tol Medan - Binjai Seksi I
Direktur Keuangan PT Hutama Karya Anis Anjayani, Dir. Perumusan Kebijakan dan Evaluasi Kemen PUPR Herry Trisaputra Zuna dan Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Brahmantio Isdijoso berbincang saat melihat jalan tol Trans Sumatera.(Liputan6.com/HO/Eko)

Dengan diresmikannya 2 ruas tol anyar ini, perjalanan diperkirakan akan lebih singkat. Biasanya, Bakauheni ke Palembang (dan sebaliknya) memerlukan waktu 10 hingga 12 jam. Dengan ada jalan tol, waktu tempuh bisa dicapai hanya 4 jam saja. Sementara dari Pekanbaru ke Dumai (dan sebaliknya), yang biasanya 4 hingga 5 jam bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam saja.

Sementara di Sumatera Bagian Utara, HK telah menyelesaikan pembangunan jalan tol seksi 2 dan 3 sepanjang 11 km. Untuk seksi 1, progress konstruksi telah mencapai 89 persen dan ditargetkan bisa beroperasi penuh pada Desember 2019.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓