Mobil Listrik Nissan Leaf Generasi Terbaru Masuk Indonesia pada 2020

Oleh Liputan6.com pada 04 Sep 2019, 15:04 WIB
Nissan Leaf

Liputan6.com, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan memboyong produk mobil listrik, Nissan Leaf ke Indonesia. Nissan Leaf disebut bakal mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 2020.

General Manager R&D PT Nissan Motor Indonesia Masayuki Ohsugi mengatakan, sejauh ini kinerja penjualan Nissan Leaf cukup meyakinkan. Tercatat hingga saat ini Nissan Leaf sudah terjual 400 ribu unit secara global.

"Sudah terjual 400 ribu unit secara global dan nol critical baterai insiden. Itu pondasi kami," kata dia, dalam 'Media Gathering', di Balai Kartini, Rabu (4/9/2019).

Tak hanya itu, Produk Nissan anyar pun memiliki kapasitas baterai lebih besar dari generasi sebelumnya. Jika Nissan Leaf generasi pertama kapasitas baterai hanya 24 kWH, maka Nissan Leaf generasi terbaru memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 40 kWh.

"Kapasitas baterai lebih besar. Kapasitasnya 40 kWh," ujar dia.

Bertambahnya kapasitas baterai, tentu berdampak pada daya jelajah Nissan Leaf yang juga lebih panjang. Jika generasi pertama, dengan baterai 24 kWh cuma memiliki jarak tempuh 170 km, maka dengan kapasitas baterai 40 kWh jarak tempuh bisa dua kali lipat per satu kali pengisian daya.

"Jarak tempuh bisa dua kali lipat. Bisa sampai 400 Km," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 of 3

Mobil Listrik Nissan Leaf Terbaru Meluncur April Mendatang

Nissan Leaf
Nissan Leaf (Motorbeam)

Memasuki era kendaraan ramah lingkungan, seluruh produsen otomotif dunia berlomba-lomba menghadirkan alternatif bagi mobil dan motor masa depan. Salah satu kabar terbaru ialah hadirnya mobil listrik milik Nissan, Leaf.

Siap meramaikan pasar otomotif India pada April 2019 mendatang, perusahaan otomotif asal Jepang tersebut berusaha menjual dengan target pasar kota-kota metropolitan. 

Seperti dilansir Motorbeam, Rabu (30/01/19), Leaf diketahui memiliki panjang 4.480 mm dan lebar 1.790 mm serta jarak sumbu roda 2.700 mm. Karena itu, mobil ini diklaim mampu memberi lebih banyak ruang kepada penumpang dibandingkan hatchback lainnya.

Untuk dapur pacu, Nissan membenamkan motor listrik 148 Tk yang mampu menghasilkan torsi 320 Nm. Berkat motor listriknya, Leaf mendapatkan daya instan melalui baterai tanpa kelambatan layaknya mesin tradisional.

Dengan baterai 40 kWh, Leaf diklaim mampu menempuh jarak 240-400 kilometer dengan sekali pengisian daya. Untuk pengisian penuh, baterai membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk terisi penuh dengan opsi pengisian cepat hingga 80% dalam 40 menit.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi fitur e-Pedal Nissan, yang berarti ketika pengemudi mengangkat kaki dari pedal gas, sama dengan pengereman ringan.

Akan berstatus impor, harga Nissan Leaf diprediksi mencapai Rs 30 lakh atau setara dengan Rp594 juta. Banderol tersebut lebih mahal dibandingkan mobil hatchback bermesin konvensional di India.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓