Sukses

Wapres JK: Harus Ada Sinergi Capai Tujuan SDGs

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka acara World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) di Bali

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka acara World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) di Bali, Rabu (4/9). Dalam kesempatan itu, Wapres JK menyampaikan peran penting kemitraan untuk mencapai program pembangunan berlekanjutan atau SDGs di Tanah Air.

Kepada seluruh anggota parlemen dan delegasi yang hadir, Wapres JK mengatakan, sejak di adopsi pada 2015 lalu program SDGs telah mencapai banyak kemajuan. Kemajuan tersebut tentu tidak terlepas dari kerja sama antara seluruh pemangku kepentingan.

"Untuk pembangunan berkelanjutan atau SDGs telah mencapai banyak kemajuan. Kemajuan itu dapat dicapai apabila kita secara bersama sama," kata Wapres JK dalam sambutannya.

Wapres JK menekankan dalam pencapaiannya, untuk keberlanjutan program SDGs diperlukan adanya perubahan yang transformal terhadap penguatan kemitraan dengan negara-negara maju. Upaya ini dilakukan agar lebih intensif.

"Berdasarkan goals ke-17 daripada SDGs ialah kerja sama untuk mencapai tujuan. Terbutkti, hari ini berarti kita melaksanakan goals 17 mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah kita setujui bersama untuk kemanusiaan keadilan dan juga pertumbuhan kita semuanya," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemajuan Ekonomi

Wapres JK mengatakan SDGs ini adalah sesuatu yang mempunyai keterkaitan satu sama lain. Pada pokoknya, kata dia, ada tiga hal yang menjadi tujuan daripada SDGs ini. Yakni kemajuan ekonomi, sosial dan juga lingkungan

"Tiga hal tersebut mempunyai tujuan yang satu sama lain saling mendukung dalam kesempatan ini. Karena itu dalam rangka kemitraan kerja sama inilah Indonesia menjadi tuan rumah WPFSD," ujarnya.

Terakhir Wapres JK berharap, melalui diskusi yang akan berlangsung hingga Kamis esok dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi seluruh anggota parlemen dan delegasi yang hadir. Sehingga tujuan Indonesia dalam program pembangunan berkelanjutan dapat dicapai di 2030.

"Saya mengucapkan selamat atas penyelenggaraan ini. Saya harap diskusi dan konferensi ini selama dua hari ke depan akan berlangsung produktif dan bermanfaat. Saya mendorong semua anggota parlemen dan delegasi utk memperkuat kemitraan meningkatkan kerjasama untuk mencapai SDGs," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.