Wajib Tiru, 5 Strategi Menghemat Uang Bulanan

Oleh Fitriana Monica Sari pada 11 Sep 2019, 06:00 WIB
Ilustrasi uang

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda tipe individu yang diminta untuk memo dari satu gaji ke gaji berikutnya? Anda tidak sendiri. Banyak orang berjuang dengan uang mereka, kebenaran yang disayangkan adalah tagihan terlalu tinggi dan upah terlalu rendah.

Namun, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat hidup Anda sedikit lebih mudah. Jika Anda dapat menerapkan strategi tertentu, Anda akan lebih mudah menghemat lebih banyak uang dari bulan ke bulan. Ini akan membuat hidup Anda sedikit lebih mudah.

Di bawah ini, Anda akan mempelajari beberapa strategi dasar untuk menghemat lebih banyak uang setiap bulan, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Berhenti Membeli Barang yang Tidak Diperlukan

Pertama dan terpenting, Anda harus sangat berhati-hati dalam membeli barang-barang yang tidak perlu.

Banyak orang suka menghabiskan waktu di televisi, video, dan elektronik lainnya. Yang lain lebih suka menghabiskan uang mereka untuk pakaian.

Membeli semua barang ini akan baik-baik saja ketika Anda benar-benar memiliki uang untuk melakukannya. Namun, Anda mungkin tidak punya uang, Anda harus berhenti membeli barang-barang ini sekarang. Menghemat uang akan lebih baik di masa depan.

2. Menggunakan Daftar Belanjaan

Banyak orang tidak menggunakan daftar ketika mengunjungi supermarket, ini akan menjadi kesalahan serius, Anda akan membeli barang-barang dengan iseng. Jika tidak berhati-hati, Anda mungkin akan membeli barang yang benar-benar tidak diperlukan.

Menggunakan daftar belanjaan dapat membantu. Dengan daftar, Anda akan bisa mendapatkan semua yang Anda butuhkan.

2 of 3

3. Menjual barang yang sudah tak terpakai

[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah, dan Buka Puasa Hari ke-9, 25 Mei 2018
Ilustrasi belanja Lebaran di toko online. (iStockPhoto)

Ada kemungkinan besar bahwa Anda memiliki banyak barang yang tidak diinginkan di sekitar rumah Anda. Jika ini kasusnya, Anda harus menggunakan barang-barang ini untuk keuntungan Anda.

Alih-alih mengoleksi lebih banyak sampah, Anda harus terlebih dahulu menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi Anda butuhkan atau inginkan. Anda dapat menjual barang-barang ini secara online.

4. Berhati-hatilah terhadap penawaran

Anda harus selalu berhati-hati terhadap tawar-menawar yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, jangan tergiur dengan diskon atau penawaran yang menarik jika Anda tidak membutuhkannya.

Sebaliknya, manfaatkan diskon atau kupon dari toko benar-benar pilihan terbaik untuk Anda.

3 of 3

5. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Mudahnya Cek Tagihan PLN hingga Bayar Token Listrik via Traveloka
Jangan sampai waktu liburan Anda berbarengan dengan jatuh tempo tagihan listrik dan liburan Anda malah diisi rasa was-was karena takut listrik diputus.

Anda perlu memastikan bahwa Anda membayar tagihan tepat waktu, jika Anda melewatkan pembayaran, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Itu akan menguras rekening bank Anda lebih cepat sebelum Anda mendapatkan uang kembali.

Jadi bayarlah tagihan ayarkan tepat waktu untuk menghindari denda yang akan membebani Anda, itu akan membuat Anda menghemat lebih banyak uang setiap bulannya.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketingsales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

Lanjutkan Membaca ↓