Sukses

3 Cara Pemasaran yang Efektif Buat Usaha Kecil

Berikut tiga cara usaha kecil dapat menguasai pemasaran.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu rintangan pertama yang dihadapi pemilik usaha kecil adalah mengeluarkan berita tentang bisnis barunya. Atau jika bisnis ini didirikan, kembangkan bisnis dan menarik pelanggan baru.

Jantung penjualan adalah pemasaran. Untuk pemilik bisnis tanpa pengalaman pemasaran, ini bisa terasa sulit.

Kabar baiknya adalah ada banyak pemilik usaha kecil dapat melakukannya untuk memasarkan bisnis dengan mudah dan efisien. Dikutip dari Laruno.id, berikut tiga cara usaha kecil dapat menguasai pemasaran:

1. Tentukan proposisi nilai unik Anda

Langkah pertama dalam memasarkan bisnis secara efektif adalah memahami kemampuan Anda di industri Anda.

Anda akan menghadapi persaingan, jadi luangkan waktu untuk menguraikan apa yang membuat Anda berbeda dari pesaing Anda. Membaca publikasi perdagangan yang relevan, dan pertimbangkan untuk berpartisipasi dalam acara industri.

Ini akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren, dan tetap up-to-date dengan berita penting. Ini juga akan membantu Anda mengidentifikasi pesaing Anda, perhatikan apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka menampilkan diri kepada calon pelanggan.

Kemudian tentukan siapa target pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan. Identifikasi dengan jelas layanan yang Anda sediakan dan masalah yang Anda selesaikan untuk pelanggan target Anda. Ini akan membantu Anda menentukan proposi nilai unik Anda, manfaat unik yang Anda sediakan untuk pelanggan Anda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Maksimalkan keberadaan online Anda

Berbekal pemahaman yang jelas tentang bisnis Anda dan industrinya, kini saatnya memasarkannya kepada calon pelanggan.

Meskipun ada banyak saluran pemasaran yang perlu dipertimbangkan, biasanya yang paling efisien dan hemat biaya adalah melalui online.

Luangkan waktu untuk mengaudit keberadaan online Anda, tempat yang mudah untuk memulai adalah situs web Anda.

Pastikan desain situs web konsisten dengan merek Anda dan situs mudah bagi pelanggan untuk menavigasi, dan menemukan informasi yang mereka cari.

Selain mencantumkan produk atau layanan Anda, pertimbangkan untuk menambahkan blog ke situs web Anda dan pembaruan produk atau layanan kepada pelanggan.

3 dari 3 halaman

3. Pertimbangkan konten berbayar

Aspek berbayar dari media sosial juga dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan profil bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat menargetkan jenis pelanggan yang tepat yang ingin Anda tarik dengan iklan melalui Facebook dan kampanye LinkedIn.

Tetapi dengan konten berbayar ini, Anda harus memberikan nilai lebih daripada yang umum, karena mereka membayar untuk perusahaan Anda.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk memasukkan pendekatan ini ke dalam anggaran dan arus kas Anda, ini adalah pilihan yang perlu dipertimbangkan. Terkadang kampanye kecil dapat membuat perbedaan besar.

Terlepas dari ukuran, setiap pemilik bisnis dapat menggunakan alat yang tersedia untuk memasarkan bisnis mereka dengan sukses.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.