Sukses

Tarif Ojek Online Naik, Kemenhub Bakal Survei Kepuasan Pelanggan

Tarif baru ojek online (ojol) akhirnya resmi berlaku di seluruh Indonesia mulai Senin ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemhub) menengaskan bahwa tarif ojek online (ojol) sudah naik secara nasional. Tarif yang baru ini juga sudah berdasarkan kesepakatan dengan aplikator dan asosiasi.

"Tadi malam hari minggu mulai jam 00.00 atau mulai memasuki hari Senin, kita berlakukan secara nasional tarif ojek online ini. Dengan pemberlakuan secara nasional, dan ini atas sepengetahuan asosiasi dan aplikator, jadi kita harapkan hari ini sudah bisa berjalan efektif di 222-224 kota di Indonesia," ujar Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi pada jumpa pers, Senin (2/9/2019) di Jakarta.

Pengawasan pun akan dilakukan dengan cara melibatkan Kadishub kota dan kabupaten setempat. Aplikator ojek online pun akan diberi peringatan jika melanggar.

Selanjutnya, kementerian akan melaksanakan survei tingkat kepuasan masyarakat. Survei ini akan berfokus baik pihak penumpang maupun kesejahteraan pengemudi.

Survei akan dilaksanakan dalam satu pekan ke depan. Budi berkata tak akan menyurvei seluruh 224 kota, melainkan hanya sampel dari tiga zona tersebut, terutama wilayah luar Jawa.

"Zona II daerah Jabodetabek berjalan relatif sangat bagus, tinggal saya masih mendengar beberapa daerah di luar Jawa yang tarifnya harus kita perbaiki kembali," ujar Budi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asosiasi Ojek Online Dukung Tarif Baru di Seluruh Indonesia

Tarif baru ojek online (ojol) akhirnya resmi berlaku di seluruh Indonesia. Pihak Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) menyambut gembira penyesuaian tarif ini.

"Semalam jam 00.00 tanggal 2 September 2019 sudah berlaku tarif ojek online yang baru di seluruh Indonesia. Ini yang kita sambut dengan baik," ujar Ketua Garda Indonesia, Igun Wicaksono, kepada Liputan6.com, Senin (2/9/2019). 

Igun pun pihaknya sudah menantikan penyesuaian tarif skala nasional ini sejak direncanalan pada bulan Mei lalu. Kenaikkan ini berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 348 tahun 2019.

"Kami berharap ke depannya tarif ini akan lebih baik. Sementara ini, kita melihat ini hal yang kita inginkan dan positif," jelas Igun.

Awalnya, tarif hanya berlaku di 123 kota, kemudian diperluas di 224 kota. Jabodetabek menjadi salah satu wilayah pertama yang mengalami penyesuaian tarif.

Berdasarkan aturan itu, ada tiga zona tarif ojek online

- Zona I (Sumatra, Jawa, Bali kecuali Jabodetabek) Rp 1.850

- Rp 2.300 per km dengan biaya minimal Rp 7.000 - 10.000.-Zona II (Jabodetabek) mulai Rp 2.000 - Rp 2.500 per km dengan biaya minimal Rp 8.000 - Rp 10.000. 

- Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya) mulai Rp 2.100 - Rp 2.600 dengan biaya minimal Rp 7.000 - 10.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.